Lapas Banjar Jadi Tempat Studi Tiru Pemberitaan dan Kehumasan


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Langkah strategi Rutan Perempuan Kelas IIA Bandung (Ruperban) dalam meningkatkan kompetensi SDM pegawainya di bidang kehumasan, menugaskan Tim Humas Ruperban ke Lapas Banjar untuk Studi Tiru terkait Pemberitaan dan Kehumasan di Lapas Kelas IIB Banjar, Kamis 29 September 2022 di Aula Kantor Utama Lapas Banjar.

Tim Humas Rutan Perempuan Kelas IIA Bandung yang dipimpin oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Nurul Hassanah diterima langsung oleh Kalapas Banjar Mohamad Maolana, diawali dengan meninjau lokasi Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Banjar.

Dalam sambutannya, Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Nurul Hassanah menjelaskan dipilihnya Lapas Banjar sebagai tempat Studi Tiru sehubungan dengan penghargaan yang diraih Lapas Kelas IIB Banjar atas prestasi dan mendapatkan penghargaan peringkat ke-3 dalam TOP 8 UPT serta berperan aktif dan berpartisipasi dalam program Apa Kabar Pemasyarakatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, tutur Nurul.

“Kami Tim Humas Rutan Perempuan Kelas IIA Bandung tertarik untuk memperoleh informasi dan pengalaman melalui Study Tiru terkait pemberitaan dan kehumasan dari Tim Humas Lapas Banjar”, ungkap Nurul.

Kalapas Banjar Mohamad Maolana menuturkan bahwa keterbukaan Informasi Publik ini sudah menjadi kewajiban bagi seluruh instansi pemerintah, sehingga perlu pengelolaan informasi yang baik yakni melalui fungsi kehumasan. Pada dasarnya seluruh pegawai Lapas Banjar adalah Tim Humas yang memang mereka memiliki keharusan untuk memberikan informasi positif kepada masyarakat tentang instansi tempat bekerjanya. Di Lapas Banjar telah dibentuk Tim Humas inti yang telah ditugaskan dalam pengelolaan informasi dan fungsi – fungsi kehumasan, terang Maolana.

Lebih lanjut Maolana menjelaskan, prestasi yang telah diraih Lapas Banjar di tingkat pusat, itu merupakan apresiasi dari pimpinan atas kinerja dan produktifitas yang dilakukan Tim Humas. Seluruh Tim Humas di setiap UPT sudah berkinerja dengan baik, namun mungkin keberkahan pada Tim Humas Lapas Banjar memperoleh penghargaan sebagai peringkat ke-3 dalam TOP 8 UPT serta berperan aktif dan berpartisipasi dalam program Apa Kabar Pemasyarakatan ini.

Penanggungjawab Humas Lapas banjar, Adiyanto memberikan pencerahan bahwa Tim Humas Lapas Banjar berupaya untuk selalu aktif dan produktif serta peka terhadap perkembangan informasi, sehingga setiap informasi sekecil apapun dapat menjadi produk pemberitaan.

Pemaparan Tim Humas Lapas Banjar diawali dengan pengenalan personil tim humas Lapas Banjar, dilanjutkan penjelasan tentang profil dan strategi kehumasan oleh Director Humas Lapas Banjar Asep Deni dan Reporter Tim Humas Lapas Banjar Lulu Nuryani.

Materi yang disampaikan antara lain pembentukan tim yang meliputi tim Direksi dan Tim Teknis, Manajemen Tim Humas antara lain job desk masing – masing anggota tim, program kerja kehumasan, penggunaan aplikasi, pengelolaan Bank Data Humas, perlengkapan kehumasan, Strategi Konten Berita, Strategi Konten Video serta raihan prestasi kinerja Tim Humas Lapas Banjar.

Lebih Lanjut Tim Humas Lapas Banjar memberikan gambaran langkah progresif dalam mengoptimalkan fungsi kehumasan melalui berbagai strategi antara lain Tim Inti harus mau mengembankan kompetensinya, memperluas jaringan komunikasi kehumasan diantaranya bekerjasama dengan media eksternal, mengoptimalkan peralatan yang dimiliki, maksimalkan pembuatan dan penyebarluasan produk Press Release, attitude, serta pengembangan potensi diri yang dapat dilakukan secara mandiri sehingga dapat menambah pengetahuan dan kepercayaan diri./Tema