Rudi Ilham Ginanjar : Ada 116 berkas pendaftaran calon anggota Panwascam


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjar telah selesai melaksanakan tahapan pendaftaran calon anggota Panwascam.

Untuk pendaftaran calon anggota Panwascam dari tanggal 21 September ditutup tanggal 27 September 2022 pukul 17.00 Wib.

Menurut Koordinator Divisi Organisasi, SDM Data dan Informasi Bawaslu Kota Banjar Rudi Ilham Ginanjar, kita telah menerima 116 berkas pendaftaran calon anggota Panwascam. Setelah tahapan penyerahan berkas pendaftaran akan dilanjutkan ke verifikasi berkas, kemudian melakukan pengumuman berkas.

"Selama pendaftaran calon anggota Panwascam ini, berjalan dengan lancar. Namun ada kendala di surat keterangan sehat, dimana banyak pendaftar yang menggunakan Surat Keterangan Sehat dengan menggunakan Surat Keterangan Sehat dari klinik, padahal untuk Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah atau Puskesmas. Sedangkan untuk yang lainnya sudah dicantumkan dalam persyaratan umum atau khususnya seperti itu, " ucapnya saat ditemui di Sekretariat Bawaslu, Selasa (27/09/2022).

Selanjutnya Rudi menambahkan untuk tanggal 14 Oktober sampai 16 Oktober 2022 akan dilaksanakan Computer Assisted Test (CAT) yang direncanakan akan dilaksanakan di SMKN 2 Banjar.

" Untuk petunjuk/ pedoman teknis CAT tersebut, kita masih menunggu arahan dari Bawaslu Provinsi.

Karena kita belum mengetahui juga, apakah diambil 6 besar dari masing-masing Kecamatan itu dari Passing Grade atau ada batasan-batasan nilai.

Dan dari 6 besar itu akan diuji kelayakan atau wawancara, " jelas Rudi mengenai tahapan test yang akan diikuti peserta calon anggota Panwascam.

Menurut laporan hasil penerimaan pendaftaran Panwascam Bawaslu Kota Banjar, jumlah pendaftar se-Kota Banjar 116 orang, terdiri dari 85 orang laki-laki dan 31 orang perempuan.

" Saat ini kita sudah memenuhi dua kali kebutuhan dan 30 persen keterwakilan perempuan dari pendaftaran, otomatis di setiap Kecamatan itu kita harus punya pendaftar 2 perempuan.

Jadi kita tidak melaksanakan perpanjangan waktu pendaftaran, " pungkasnya.

Adapun rincian pendaftar per-Kecamatan:
Kecamatan Banjar
Laki-laki : 21 orang
Perempuan : 10 orang
Total 31 orang

Kecamatan Pataruman
Laki-laki : 16 orang
Perempuan : 10 orang
Total : 26 orang

Kecamatan Purwaharja
Laki-laki : 16 orang
Perempuan : 6 orang
Total : 22 orang

Kecamatan Langensari
Laki-laki : 32 orang
Perempuan : 5 orang
Total : 37 orang
./Tema.