ASN Diharapkan Bisa Menjaga Keamanan Informasi berbasis Pemerintah Daerah Elektronik dan Non Elektronik


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Sosialisasi Keamanan Informasi Berbasis Pemerintah Daerah Elektronik dan Non Elektronik yang dilaksanakan di Aula Somahna Bagja Dibuana Sekda kota Banjar,Kamis 27/10-22.

Hadir dalam kegiatan Wakil Walikota Banjar H Nana Suryana yang sekaligus membuka acara Sosialisasi,PLT Kadis Kominfo kota Banjar Narto.

Dalam sambutannya Wakil mengatakan Keamanan informasi adalah untuk melindungi keterangan, pernyataan, gagasan yang mengandung nilai, makna dan pesan baik data, fakta, maupun penjelasannya yang dapat dilihat didengar maupun dibaca yang disajikan dalam Media elektronik maupun non elektronik. Hal ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Dalam Pembukaan Acara Sosialisasi Keamanan Informasi berbasis Pemerintah Daerah Elektronik dan Non Elektronik.

"Untuk keamanan informasi tersebut memiliki alat evaluasi untuk menganalisa tingkat kesiapan pengamanan informasi di suatu organisasi yaitu indeks KAMI. Salah satu indeks keamanan informasi adalah proteksi terhadap dokumen digital yang saat ini menggunakan tanda tangan elektronik yang diterbitkan oleh BSrE. Di Kota Banjar sendiri tata kelola dokumen secara elektronik salah satunya menggunakan aplikasi e-Office yang dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pada lingkungan Pemerintah Daerah Kota Banjar saat ini. "Jelasnya.


Lebih Lanjut, Wakil Wali Kota menjelaskan bahwa Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE pada pasal 41 ayat 1 menegaskan bahwa setiap instansi pusat dan pemerintah daerah harus menerapkan keamanan SPBE. Pemerintah daerah memiliki stakeholder yaitu seluruh perangkat daerah yang artinya adalah semua harus memiliki kesadaran tentang keamanan informasi termasuk pada sistem elektronik yang digunakan.

"Saya berharap dengan sosialisasi ini, seluruh ASN diharapkan mempunyai kepedulian serta memiliki kemampuan dalam upaya menjaga Keamanan Informasi berbasis Pemerintah Daerah Elektronik dan Non Elektronik." Pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Para Kepala Perangkat Daerah dengan menghadirkan Narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat dan diikuti oleh Perwakilan Perangkat Daerah Se-Kota Banjar.tema