Akibat Pergerakan Tanah Rumah Milik Neri Warda Desa Sukajaya Ambruk


CIAMIS | JABARCENNA.COM,- Rumah milik Neri, warga di Blok Tulang Londok, Dusun Citapen Landeuh, RT 01, RW 03, Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk, akibat pergerakan tanah.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis, Anwar Hidayat, mengatakan bahwa musibah bencana tersebut terjadi pada Rabu (02/11/2022), sekitar pukul 17.50 WIB, sore kemarin.

"Penyebabnya adalah akibat adanya pergerakan tanah (tanah amblas) sekitar 5 Cm, sehingga merobohkan dinding rumah pada bagian dapur, dan WC"ungkap Anwar

Lanjut Anwar, beruntung akibat musibah bencana tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa, dan luka-luka. Hanya saja pemilik rumah mengalami kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.


Anwar, menjelaskan untuk penanganan yang sudah dilakukan saat ini, yaitu mengevakuasi Keluarga korban ke tempat yang lebih aman, dan memberikan material bangunan, secara bergotong royong, yang dilakukan oleh warga masyarakat setempat, dibantu oleh Pemerintah Kecamatan dan Desa, Babinsa, Babinmas, Relawan Tagana, dan Anggota KSB Rajadesa.

Anwar, menambahkan untuk penanganan lebih lanjut pihaknya melaporkan bencana kejadian musibah bencana tersebut ke Dinas Instansi terkait yang ada di Tingkat Kabupaten Ciamis./Tema