Tim Jabar Bergerak Kota Banjar Berikan Bantuan Kepada Korban Gempa Cianjur


CIANJUR | JABARCENNA.COM,- Tim Jabar Bergerak Kota Banjar yang berangkat menuju lokasi bencana alam gempa bumi Cianjur bersama-sama BPBD Kota Banjar dan relawan lainnya pada hari Jum'at (25/11/2022) malam, telah tiba di Pendopo Kabupaten Cianjur Sabtu (26/11/2022) dini hari, yang diterima langsung oleh Bupati Kabupaten Cianjur.

Setelah istirahat sejenak, tim dari Kota Banjar langsung bergerak menuju ke posko BNBP untuk menyerahkan sebagian bantuan, selanjutnya menuju sekretariat Jabar Bergerak Kabupaten Cianjur juga untuk menitipkan sebagian bantun yang merupakan donasi dari Kolaborasi Aksi Kemanusiaan di Kota Banjar.


Ketua Jabar Bergerak Kota Banjar Ari Faturrahman melalui pesan suara memberikan gambaran perjalanan Tim Jabar Bergerak Kota Banjar bersama rombongan relawan Kota Banjar.

"Kami melihat bagaimana keadaan di Kecamatan Cigenang yang merupakan pusat titik gempa yang meluluh lantakan hampir satu desa, 95 persen rumah hancur rata dengan tanah. Ini membuat hati kami benar-benar teriris dengan melihat kondisi di sana, " papar Ari.

Menurut Ketua Jaber Kota Banjar, kondisi korban pasca gempa yang berada di Posko pengungsian, dimana tiap posko berisi kurang lebih sekitar 30 sampai 40 KK.

Terlebih di daerah Sarimpit yang kondisi rumahnya semua rata dengan tanah, sehingga sekitar 20 KK harus mengungsi ke daerah perbukitan dengan keadaan darurat, tanpa ada penerangan listrik, kebersihan dan sarana MCK yang sangat kurang memadai.

Gempa bumi dengan skala 5,6 tersebut meluluhlantakan Kabupaten Cianjur, dan gempa susulan masih terus terjadi.

Seperti yang dirasakan oleh Tim Jabar Bergerak Kota Banjar saat tengah melakukan evaluasi dan agenda untuk kegiatan selanjutnya, gempa terjadi lagi dengan skala 3,3 pada pukul 07.30 Wib.

" Kami sempat panik dan mengakibatkan kami berpencar untuk mencari tempat yang aman. Trauma akibat guncangan gempa sebelumnya sangat jelas terlihat. Bahkan Wakil Wali Kota Banjar mengurungkan niatnya untuk menginap di hotel, dan memilih untuk bergabung bersama kami di Pos halaman Masjid Agung Cianjur, " ujar Ari.

Tim Jabar Bergerak Kota Banjar di beberapa titik lokasi pengungsian memberikan bantuan untuk dapur umum, juga memberikan bantuan materi kepada keluarga korban yang meninggal dunia yang merupakan titipan dari masyarakat Kota Banjar.

" Ada beberapa titik lokasi pengungsian yang kami beri bantuan materi. Diantaranya posko yang berada di SMAN 2 di Warungkondang, kemudian Posko yang berada di Beber, " imbuhnya.

Jabar Bergerak Kota Banjar berencana untuk tiga minggu ke depan akan kembali ke lokasi bencana alam dengan program yang berbeda.

" Kita sudah tahu lokasi, dan kita sudah tahu apa saja yang dibutuhkan di sana. Ke depannya, kita akan mengumpulkan kembali donasi. Yang mungkin belum terjamah saat ini adalah kondisi Anak-anak sekolah yang sangat membutuhkan alat-alat untuk belajar, juga penanganan trauma healing untuk mereka. Kami akan membangun tenda yang dikhususkan untuk arena bermain dan belajar Anak-anak, " pungkas Ketua Jabar Bergerak Kota Banjar./Tema