Rumah Warga di Pamarican Tertimpa Pohon Waru, Relawan TAGANA dan RCS Bantu Proses Evakuasi


CIAMIS | JABARCENNA.COM,- Hujan deras disertai angin dan petir, melanda wilayah Kecamatan Pamarican, pada Kamis (15/12/2022) sekitar pukul 16.00 WIB.

Akibatnya sebuah pohon waru tumbang, hingga menimpa bagian dapur rumah Yatno (55), salah seorang warga di Dusun Sidaharja, RT 13, RW 03, Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa, dan luka-luka.


Hanya saja Pemilik rumah mengalami kerugian material ditaksir mencapai Rp. 10 juta rupiah.

Relawan Tagana Kabupaten Ciamis, bersama Relawan Ciamis Selatan (RCS), yang datang ke lokasi, langsung melakukan evakuasi pohon waru yang menimpa dapur rumah milik Yatno.

‘’Alhamdulilah proses evakuasi pohon waru yang menimpa dapur rumah milik Yatno, cepat selesai dilakukan. Pasalnya dalam proses evakuasi, Relawan Tagana Kabupaten Ciamis, dibantu Pemerintah Kecamatan Pamarican, Pemdes Sidaharja, Anggota Polsek Pamarican, Babinsa, Babinmas, Anggota RAPI, Relawan MDMC, GSR, Relawan RCS, Relawan Kalakay Rescue, dan warga masyarakat, mengerjakannya secara gotong royong"ungkap Baehaki Efendi, Anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis, yang juga sebagai Koordinator Relawan Ciamis Selatan.


Beki, sapaan akrabnya menambahkan untuk penanganan selanjutnya pihaknya akan berkoordinasi, dan melaporkan kejadian tersebut kepada BPBD Kabupaten Ciamis, dan Dinas Sosial Kabupaten Ciamis.

Beki, menghimbau kepada warga masyarakat di wilayah Kecamatan Pamarican, untuk selalu mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang sering terjadi belakangan ini. Dan berpesan kepada warga masyarakat agar tidak sungkan-sungkan menebang pohon yang ada disekitar rumah, yang dianggap membahayakan dan rawan roboh. Tandasnya./Tema