Siswa SMA Selama Libur Panjang Diminta Tetap Menjaga Diri, Keluarga Serta Menjaga Nama Baik Sekolah


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- 

Memasuki libur panjang selepas melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) semester ganjil, siswa SMA Negeri 1 Kuningan khususnya diminta tetap menjaga diri, keluarga serta menjaga nama baik sekolah.

“Meski dalam suasana libur, bukan berarti bebas untuk melakukan segalanya. Melainkan tetap harus menjaga diri dari berbagai kemungkinan yang bisa terjadi akibat kita tidak mampu menjaga diri masing-masing,” kata Kepala SMA Negeri 1 Kuningan, Dr H Edi Riyadi MPd, seusai memimpin rapat evaluasi akhir tahun 2022, berlangsung di Ruang Auditorium sekolah setempat, Kamis (29/12/2022).

Dijelaskan dia, sebelumnya pihak sekolah telah mengirim surat pada orang tua siswa disampaikan melalui wali kelas masing-masing. Dalam isi surat tersebut intinya tetap menghimbau pada orang tua untuk selalu menjaga putra-ptrinya di rumah untuk tetap mentaanti ketentuan yang ada demi keselamatan bersama. Boleh saja anak melaksanakan piknik dihari libur tersebut, namun tatap dalam bimbingan orang tua. Sebab selama anak berada di rumah merupakan tanggungjawab penuh wali murid atau orang tua masing-masing.

“Alangkah baiknya para siswa juga bisa membantu orang tua di rumah, yang sekiranya bisa dikerjakan oleh kita. Membantu orang tua juga sebagai pembelajaran bagi kita yang dapat memberikan manfaat dalam kehidupan,” tutur H Edi.

Ditambahkan Edi, apalagi dalam menghadapi malam tahun baru masehi ini identik dengan hura-hura dan jangan sampai melakukan sesuatu diluar ketentuan tata tertib yang disampaikan oleh sekolah. Misalnya naik kendaraan dimalam hari sambil kebut-kebutan, penggunaan minuman keras, narkoba, pergaulan bebas dan lain-lain. Jangan sampai terjadi menjelang masuk sekolah berada di UGD akibat kecelakaan, atau tersandung hukum akibat penyalahgunaan obat-obat terlarang. Oleh sebab itu, hal tersebut jangan sampai terjadi atau menimpa pada para siswa.

“Kami berharap, setelah libur panjang kembali masuk sekolah dengan selamat, melanjutkan pembelajaran serta mempersiapkan diri untuk melanjutkan sekolah pada jenjang lebih tinggi,” pinta H Edi.


Sementara, Kepala SMA Negeri 3 Kuningan, Moch Chaeri MPd.I., mengmukakan, selama memasuki liburan sekolah para siswa hendaknya tetap mengikuti petunjuk protokol kesehatan 5M upaya menjaga keselamatan. Sebaiknya jangan bepergian ke luar kota mengingat suasana dan cuaca kurang mendukung. Meski dalam keadaan libur tetap belajar untuk persiapan pembelajaran memasuki semester mendatang. Kendati mau mengisi liburan dengan hiburan cukup di kawasan rekreasi yang ada di Kuningan saja karena tidak kalah indahnya oleh tempat rekrasi di tempat lain.


Hal senada disampaikan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kab. Kuningan, H Tri Suknaedi MPd. Kata dia, selama liburan berada di rumah jangan lupa belajar serta mentaati bimbingan orang tua sebagaimana sebelumnya diamanatkan oleh wali kelas masing-masing. Termasuk menjaga diri dan menjaga kesehatan itu lebih penting, maka harus menjadi perhatian kita semua. Sehingga masuk sekolah diawal tahun dalam kondisi prima untuk mengikuti proses pembelajaran upaya mencapai cita-cita sesuai harapan kita semua. (RZ/Wn)