Wawalikota Banjar : Ini Momentum Bagi Perempuan Indonesia untuk Meneladani Perjuangan Para Pahlawan Kaum Perempuan


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Ibu ke - 94 yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Bela Negara ke-74 serta Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tingkat Kota Banjar Tahun 2022 yang bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Banjar, Kamis (22/12/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Kota Banjar, Para Kepala Perangkat Daerah, Serta Ketua GOW Se-Kota Banjar.


Dalam amanatnya, Wakil Wali Kota mengetakan bahwa, Pandemi Covid-19 yang telah melanda, telah memberikan tekanan berat pada setiap keluarga di Indonesia baik dalam bidang kesehatan maupun dalam bidang sosial, ekonomi. Kaum perempuan mempunyai peranan penting mengambil tanggung jawab yang besar, mendampingi keluarga beradaptasi dengan kebiasaan baru, memberikan semangat keluarga agar bisa aman dari Covid-19. Para ibu telah menemani anak-anak belajar di rumah secara daring/secara online. Dan memastikan pemenuhan gizi keluarga untuk menjaga imunitas serta mengajarkan penerapan protokol kesehatan.

"Peran perempuan juga ikut dalam penanganan Covid 19 sesuai dengan perannya masing-masing, baik itu sebagai nakes, peneliti, serta yang paling utama adalah perempuan menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan Penularan covid19 dengan menyediakan pelindung diri seperti masker. Saya berharap peringatan hari Ibu tahun 2022 menjadi moment yang tepat bagi perempuan Indonesia untuk meneladani perjuangan para pahlawan kaum perempuan terdahulu dengan ikut berperan serta dalam pembangunan. " Jelasnya.

Lebih lanjut, wakil wali kota mengatakan bahwa upacara ini juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Bela Negara ke - 74 serta Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional. Menurutnya


Bela negara merupakan adalah sikap, tekad, semangat yang ditunjukan oleh perilaku warga negara yang menunjukkan kecintaannya kepada negara untuk mempertahankan keutuhan negara. Setiap warga diharapkan mempunyai daya tangkal yang kuat terhadap hal-hal yang dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa. Wakil wali kota juga menambahkan bahwa, Kesetiakawanan sosial pada hakikatnya merupakan suatu kemauan untuk bersatu dalam solidaritas sosial, kesamaan nasib, dan saling peduli dan berbagi yang dilandasi kerelaan, kesetiaan, toleransi, dan tidak diskriminasi dalam membangun persaudaraan masyarakat majemuk Indonesia. Upaya menanamkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial harus dimulai sejak dini. Kita harus memulainya dari lingkungan sosial terdekat. Kita dapat melakukan internalisasi dan eksternalisasi nilai-nilai kesetiakawanan sosial, mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, dan akhirnya pada tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Jadikan hari ini menjadi momentum bagi kita semua untuk terus menumbuhkan rasa kesetiakawanan sosial dalam upaya menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa untuk mendukung pembangunan bangsa yang kita cintai" Pungkasnya.

Dalam kesempatan ini wakil wali kota menyerahkan bunga kepada Ketua TP PKK Kota Banjar serta Kepada Ketua DWP Kota Banjar./Tema