Satgas Yonif R 303/SSM Pos Mayuberi bantu perbaiki instalisi Listrik Warga Puncak


PAPUA | JABARCENNA.COM,- Satgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad membantu kesulitan warga dengan memperbaiki instalasi listrik yang beberapa bulan belakangan padam di Kampung Mayuberi, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua. Senin (23/01/2023)

Seperti diketahui, saudara kita di Distrik Ilaga Utara masih belum tersentuh oleh listrik PLN. Dalam kesehariannya masyarakat hanya menggunakan solar cell atau genset untuk memberikan penerangan pada malam hari. Hanya beberapa rumah yang memiliki panel solar cell kecil dan satu genset untuk sekampung. Hal tersebut sudah cukup untuk memberikan penerangan malam hari bagi kampung tersebut.

Namun dalam pelaksanaannya, masyarakat masih belum mengerti jelas bagaimana menggunakannya terlebih lagi cara merawat alat tersebut. Lampu menyala beberapa bulan tetapi kini instalasi listrik dan sumber daya rusak karena kurang tepat dalam penggunaan serta perawatannya.


Sebanyak 10 orang prajurit Satgas Yonif Raider 303 Kostrad Pos Mayuberi yang dipimpin langsung oleh Dantim 1 Pos Mayuberi Letda Inf Miftahul Huda turun langsung ke honai untuk membantu membenarkan solarcell tersebut.

Dengan membawa personil yang mahir dalam bidang ini, Satgas 303 melaksanakan pengecekan instalasi listrik ke beberapa honai warga dan memperbaiki kerusakan yang terjadi diantaranya kerusakan pada solar cell, genset dan accu yang menjadi satu-satunya sumber daya listrik di kampung tersebut.

Kabel listrik yang menyambung ke honai dirapihkan oleh prajurit karena kalau tidak dirapihkan hal itu dapat menjadi penyebab korsleting listrik. Warga sangat senang dan ikut turut serta membantu pengerjaan tersebut.

“Tidak lupa faktor keamanan diutamakan dalam proses perbaikan instalasi listrik ini. Disamping itu juga kewaspadaan prajurit selalu dijaga,” tambah Letda Inf Miftahul Huda

Tonius Labene (45) selaku Kepala Kampung Mayuberi sangat berterimakasih atas kepedulian TNI dalam memperbaiki instalasi listrik di desanya yang kini lampu sudah menyala normal, beliau kagum dengan kemampuan prajurit TNI./TM