Bagi Pengendara Jalan Siap-Siap, Dua Pekan Kedepan Akan Ada Operasi Keselamatan Lodaya


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Polres Banjar Polda Jabar akan melaksanakan Operasi Keselamatan Lodaya 2023, yang akan dimulai dari hari Selasa (07/02/2023).

Operasi Keselamatan Lodaya 2023 ini akan dilaksanakan selama 2 pekan dari tanggal 07 Februari 2023 sampai dengan 20 Februari 2023.

Seperti disampaikan Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo,S.H,S.I.K,M.M, saat pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Lodaya 2023 yang dilaksanakan di Halaman Polres Banjar, Selasa (07/02/2023).


Kapolres Banjar dalam sambutannya menyampaikan, Apel Gelar Pasukan dilaksanakan untuk melakukan pengecekan kesiapan para Personil dan sarana prasarana sebelum pelaksanaan Ops Keselamatan Lodaya 2023 di Jajaran Polda Jawa Barat.

" Sesuai dengan amanat Undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas angkutan jalan yang didukung instansi terkait dan pemangku jalan lainnya, memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus lalulintas serta menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalulintas guna terciptanya Kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif, " ucap Kapolres Banjar.

Terciptanya Kamselticarlantas yang aman dan kondusif tentunya memerlukan upaya dan kerja keras dari semua guna terciptanya Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas yang aman dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang berlaku.


“Pada Ops Keselamatan Lodaya 2023 ini, kita mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung juga dengan giat gakkum lantas menggunakan aplikasi Tilang Elektronik (ETLE) status dan mobile dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan Lalulintas, " jelas AKBP Bayu.

Dalam kegiatan Ops Keselamatan Lodaya 2023 ini Personil yang terlibat sebanyak 2.509 Personil, dengan rincian Satgas Polda sebanyak 520, dan Satgas Polres Jajaran sebanyak 1.989 Personil.

" Saya yakin dan percaya bahwa personil yang terlibat tersebut diharapkan pelaksanaan Ops Keselamatan Lodaya 2023 hasilnya dapat terlaksana dengan optimal dan baik, ' harapnya.

Tujuan Operasi adalah meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas, menurunkan angka kecelakaan lalulintas, menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan, menurunkan angka pelanggaran lalulintas

Adapun target Operasi yang harus dicapai adalah terciptanya Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman , meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas, berkurangnya jumlah laka lantas dan pelanggaran serta menurunnya angka fatalitas.

" Operasi Keselamatan Lodaya Tahun 2023 adalah jenis Operasi Harkamtibmas bidang Lantas yang mengedepankan giat preventif guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polantas dan tidak diperkenankan melaksanakan penegakan hukum secara tilang, secara stasioner ataupun hunting system, " pungkas Kapolres Banjar.tema