Momen Kemeriahan Harjad Ke-20 Kota Banjar, 25 Desa dan Kelurahan Tampilkan Kreasi Seni, Gubernur Apresiasi Kesenian Jurig Sarengseng dan Manuk Janur


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Dalam rangka hari jadi kota Banjar yang ke-20 Kota Banjar mengadakan kegiatan Helaran Seni yang dilaksanakan di jalan Letjen Suwarto, Rabu (22/2-2023).

Kegiatan Helaran Seni di ikuti dari 25 Desa dan Kelurahan se-kota Banjar, dengan menampilkan kreasi seni yang terbuat dari daun kelapa ( janur ).

Seperti manuk janur yang terbuat dari janur daun kelapa dan berasal dari Desa Cibereum dan pakaian, mahkotanya pun dibuat dari daun janur.

Kenapa sampai dibuat dari janur daun kelapa karena wilayah kota Banjar masih banyak pohon kelapa yang bisa memproduksi gula merah dan Galendo yang menjadi ciri khas kota Banjar.


Selain kesenian manuk Janur dari Cibereum ada juga Jurig Sareng seng dari Desa Binangun dan Reog Dongkol yang berasal dari Desa Muktisari, dan Alhamdulillah untuk manuk janur dari Desa Cibereum dan jurig Sarengseng sudah pentas di Helaran di Propinsi dan Pusat.

Dalam Helaran kegiatan HUT kota Banjar yang ke-20, Jurig Sarengseng dan Manuk Janur mendapat Apresiasi dari Gubernur Jawabarat Ridwan Kamil yang menyaksikan langsung kegiatan tersebut. Kesenian ini juga sekaligus membuat filosofi yang mendalam dalam kehidupan sehari hari.

Selain menjadi icon kota Banjar kesenian Jurig Sarengseng dan Manuk Janur pernah membawa harum untuk kota Banjar dalam Asian Afrika Carnival di kota Bandung dan mendapatkan juara ke tiga./Tema-(Adv)