2 Napiter Ikuti Program Pembinaan dan Lakukan Ikrar Setia NKRI


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Lembaga Pemasyarakatan kelas llB kota Banjar gelar kegiatan Ikrar Setia NKRI bagi Narapidana tindak Pidana Terorisme dan Pembukaan Rehabilitasi Sosial bagi Narapidana tindak Pidana Narkoba yang di laksanakan di Aula Lapas, Kamis (9/3-23).

Hadir dalam kegiatan Kanwil Kemenhumkam Jabar, Kepala BNN Ciamis, Kalapas kota Banjar, Kapolsek Pataruman, Perwakilan Dinas Kesehatan, Camat Pataruman.

Dalam wawancaranya dengan media Kanwil Kemenkumham Jabar, melalui Kepala Bidang Pembinaan Bimbingan Kemasyarakatan, Gunawan Sutrisnadi mengatakan, 2 napiter tersebut dapat mengikuti program pembinaan di Lapas sebagai warga binaan. Hal tersebut setelah mengucapkan janji setia kepada NKRI.

Ia berharap, apa yang keduanya ikrarkan betul-betul berangkat dari kesadaran dan kesungguhan hati untuk kembali ke jalan yang lurus. Setelah sebelumnya berada di jalan yang salah.

Densus dan BNPT, kata Gunawan, masih akan melakukan pengawasan ketika nantinya dua napiter tersebut bebas dari Lapas Banjar. Pengawasan tersebut, untuk sesuatu yang positif menjaga dari hal yang tidak diinginkan.

“Kami harap ini betul-betul kesungguhan dari hati. Dan saya berharap setelah bebas dapat diterima di masyarakat,” kata Gunawan kepada wartawan.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Banjar, Muhammad Maulana, menjelaskan upaya untuk menyadarkan 2 narapidana terorisme itu, sehingga mengucapkan janji setia kembali ke NKRI.

“Salah satunya adalah dengan memberikan pemahaman tentang deradikalisasi dan melakukan pembinaan secara inten,” ucapnya.

Setelah mengucapkan ikrar setia terhadap NKRI kedua napiter tersebut bisa mendapatkan hak-haknya sebagai warga binaan. Seperti hak mendapatkan remisi, pembebasan bersyarat, dan program pembinaan lainnya, jelas kalapas. /Tema