Kegiatan Musrenbang-RKPD Kota Banjar dan GITTG Digelar Di Aula Somahna Bagja Dibuana


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., membuka kegiatan Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Banjar Tahun 2024 dan Gelar Inovasi Teknologi Tepat Guna (GITTG) Tingkat Kota Banjar Tahun 2023 yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar, Rabu (15/03/2023).

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Ketua DPRD beserta Pimpinan DPRD Kota Banjar, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala BPS, Perwakilan Forkopimda, Para Kepala Perangkat Daerah, Tokoh Masyarakat serta Kalangan akademisi.

Menurut Wali Kota, pelaksanaan Musrenbang tingkat kota ini merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah, dimana forum ini merupakan hasil rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dimulai dari Musrenbang desa/kelurahan, Musrenbang tingkat kecamatan, forum konsultasi publik, serta forum gabungan perangkat daerah yang dalam proses rangkaian itu kita telah menyepakati hal-hal yang menjadi usulan prioritas pembangunan Kota Banjar.

"Arah pembangunan sangat membutuhkan fokus dan penyeimbangan antara kebijakan, program, kegiatan dan penganggaran dalam implementasi pendapatan daerah dan belanja daerah serta penjabarannya secara terintegrasi serta mampu mempertajam penjabaran tujuan sasaran pembangunan daerah yang berkualitas sebagai sistem integrator 'THISS' (tematik-holistik-integratif-spasial dan sinergis) sehingga menyentuh serta memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Banjar."jelasnya.

Lebih lanjut Wali Kota Juga menegaskan bahwa pemerintah daerah selaku penyelenggara pemerintahan perlu memperhatikan Dinamika Pembangunan yang terjadi sehingga kebijakan yang diambil dapat meningkatkan daya saing di daerahnya. Menurutnya, tingkat daya saing merupakan salah satu parameter dalam konsep daerah berkelanjutan.

"Semakin tinggi tingkat daya saing suatu daerah maka tingkat kesejahteraan masyarakat pun semakin tinggi. Salah satu strategi untuk mengembangkan keunggulan kompetitif adalah melalui lomba inovasi Teknologi Tepat Guna tingkat Kota Banjar tahun 2023. Lomba ini merupakan salah satu pendekatan pembangunan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berupaya memberikan nilai tambah. Dengan pelaksanaan lomba ini juga menjadi salah satu upaya untuk mendorong budaya berinovasi di kalangan pelajar, masyarakat dan mahasiswa serta mampu menumbuhkan semangat berkreasi yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Banjar."pungkas wali kota./Tema