PT Top Tekno Indo Teken Kerjasama Bersama Lingkungan Hidup Programkan Pola 'Kamisama'


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., dengan didampingi Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd.,M.H, menghadiri Penandatanganan Perjanjian Kerjasama atau Kemitraan Antara Pemerintah Daerah Kota Banjar Dengan PT Top Tekno Indo tentang Pengelolaan Sampah dengan Pola Kawasan Minimalisir Sampah Mandiri (Kamisama) di Kota Banjar yang bertempat di Ruang Rapat Gunung Sangkur Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar, Senin (06/03/2023).


Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dengan direktur Utama PT Top Tekno Indo dengan disaksikan secara langsung oleh Wali Kota, Wakil Wali Kota Banjar, Komisaris Utama PT Top Tekno Indo, serta Sekretaris Daerah Kota Banjar.

PT. Top Tekno Indo merupakan perseroan terbatas yang menerapkan pola pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui pemilahan sampah secara mandiri dari sumber sampah, yang pelaksanaannya melibatkan masyarakat setempat melalui pola KAMISAMA. Pola KAMISAMA adalah pola pengelolaan sampah yang menerapkan program kawasan pengelolaan sampah terpadu dengan menggunakan teknologi tepat guna ramah lingkungan sehingga sampah habis di TPS KAMISAMA.

Wali Kota Banjar menyambut baik atas terlaksananya Penandatanganan Perjanjian Kerjasama/Kemitraan Antara Pemerintah Daerah Kota Banjar dengan PT Top Tekno Indo. Menurutnya Setiap bulanya, 50 ton sampah harus dikelola oleh TPA Cibeureum dan jumlah tersebut cenderung terus meningkat. Hal ini memerlukan penanganan serius Pemerintah Kota Banjar dengan melibatkan Masyarkat stakeholder terkait.

"Saya berharap dengan penandatanganan Kesepakatan kemitraan ini penanganan sampah di Kota Banjar secara bertahap dapat teratasi." Ucap Wali Kota.

Menurut Komisaris Utama PT Top Tekno Indo, Penandatanganan Kerja Sama ini dilakukan setelah adanya persetujuan dari DPRD Kota Banjar.

"Penandatanganan kerja sama ini merupakan PKS perdana dengan Pemerintah daerah. Payung hukum serta legalitas juga telah terpenuhi semua, sejalan dengan persetujuan dari DPRD Kota Banjar serta konsolidasi Internal di kami juga sudah siap untuk memulai Kerjasama ini. Terima kasih dan apresiasi atas kecerdasan Birokrasi dalam penanganan sampah di Kota Banjar. "Pungkasnya.tema