Wakil Wali Kota Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 Tingkat Kota Banjar


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta. Upacara digelar secara sederhana, hikmat, minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sementara itu untuk Tingkat Pemerintah Daerah mengikuti kegiatan tersebut melalui zoom meeting.

Pejabat Negara yang akan hadir pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah Presiden Republik Indonesia bertindak selaku Inspektur Upacara, Ketua DPD RI sebagai pembaca teks Pancasila, Ketua MPR RI sebagai pembaca naskah UUD 1945, pembaca dan penandatangan Ikrar dilaksanakan oleh ketua DPR RI, serta pembaca doa oleh Menteri Agama.

Selain itu, hadir pula menteri pendidikan, Kebudayaan, riset, dan teknologi, panglima TNI, serta kapolri.

Pemerintah Kota Banjar mengikuti kegiatan Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 Melalui zoom meeting yang berlokasi di Posko Penanganan Covid19 kota Banjar, Jumat (01/10-21).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Banjar, Ketua DPRD, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri Kita Banjar, Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar, sekretaris Daeraha Kota Banjar, Perwakilan Polres serta Perwakilan Lapas Banjar.

Ditemui setelah kegiatan, Wakil wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd. menuturkan Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 tingkat Kota Banjar dilaksanakan melaui media daring, mengingat pandemi yang belum berakhir. Selain di posko penanganan Covid19 Kota Banjar, Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh OPD beserta ASN Kota Banjar di masing-masing OPD.

"Peringatan Hari Pancasila secara virtual seperti ini jangan sampai mengurangi nilai dari tujuan utama peringatan Hari Lahir Pancasila. Peringatan ini harus menjadi momentum kita untuk memperkuat ideologi Pancasila dalam setiap langkah kehidupan bernegara yang diimplementasikan dalam Pembangunan Nasional yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur baik secara material maupun spiritual.

Tujuan tersebut dicapai dalam wadah Negara Kesatuan RI yang merdeka, berdaulat, bersatu dan berkedaulatan rakyat. Selain itu, Pancasila sebagai ideologi juga mencakup sikap warga negara yang mewujudkan kehidupan bangsa dan dunia yang aman, tentram, tertib dan damai."jelasnya./Tema