Kades Padahurip Ciptakan Pertumbuhan Pembangunan dan Rangkul semua Elemen


JABARCENNA.COM | KUNINGAN - Padahurip adalah salah satu desa di Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan. Secara topografi Desa Padahurip berada di ruang lingkup perbukitan yang berbatasan langsung dengan Desa Cimenga Kecamatan Darma.

Sebagian besar mayoritas penduduk Desa Padahurip adalah bermata pencaharian petani. Banyak yang harus dibenahi dalam segi pembangunan yang berjangka panjang karena desa ini termasuk desa berkembang.

Namun dilain sisi, Desa Padahurip sendiri nyatanya ada banyak kelebihan dibanding desa lainnya. Salah satunya adalah penyerapan beberapa program anggaran yang mencapai milyaran rupiah dimana dari beberapa program yang telah diserap tersebut diluar dari anggaran Dana Desa.

Terciptanya hal tersebut tidak terlepas oleh adanya kepemimpinan yang bisa pro aktif terhadap beberapa program yang di prioritaskan. Seperti halnya kepemimpinan yang di pegang pada saat ini oleh Karyono selaku Kepala Desa Padahurip.

Dikatakan Karyono saat ditemui diruang kerjanya, belum lama ini, "yang paling utama adalah kita pro aktif dalam menjemput program. Desa Padahurip sendiri sejauh ini telah banyak mendapat program anggaran yang bersumber diluar dari anggaran Dana Desa, Alhamdulillah semua itu telah banyak dirasakan oleh masyarakat," ucap Karyono

Dirinya menerangkan, di tahun 2020 saja terserap anggaran di luar dana desa sekitar 1,5 Milyar rupiah, dimana semua terfokus pada pembangunan fisik dan telah dilaksanakan dengan baik, ujarnya

Pihaknya pun berkeyakinan untuk di tahun 2021 sekarang ini, desanya akan mendapat beberapa program yang mana dari program-program tersebut akan ter-anggarkan diluar dari Dana Desa sebagaimana anggaran yang akan didapat 1,7 Milyar.

"Saya optimis karena beberapa program pengajuan tersebut nyatanya sudah ada kegiatan pembangunan yang kita laksanakan seperti Pembangunan irigasi dari BBWS Citanduy" kata Karyono

Sedangkan program yang sudah di ajukan dan sudah mendapat sinyal biru diantaranya dari dinas kesehatan yaitu program pembangunan IPAL, Pamsimas, lanjutan rabat beton dan Bronjong TPT, Terangnya.

Kepala Desa yang mempunyai sifat humanis dan suka berbaur dengan masyarakat tanpa memandang status ini nyatanya mempunyai jiwa tanggungjawab dan memperhatikan bawahannya.

Tak ayal ketika ada permasalahan yang menyangkut dengan sistem pemerintahan entah itu program ataupun yang lainnya, Karyono sang Kepala Desa Padahurip ini nyatanya mempunyai sifat tegas dan bijak dalam menyelesaikan permasalahan. Sehingga berbagai permasalahan dapat diselesaikan hingga tidak berlarut-larut.

Hal inilah yang menjadi point kinerja kepala Desa Padahurip yang bisa merangkul semua elemen baik dengan perangkat maupun dengan masyarakat sehingga tumbuh harmonisasi dan saling adanya kepercayaan terhadap sesama.

(Suradi )