Pilkades Serentak Gelombang I Kota Banjar, Hari Ini Coblosan

JabarCeNNa.com, Banjar - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang I di Kota Banjar, Jawa Barat, digelar hari ini, Rabu, 31 Oktober 2018.

Pilkades Gelombang I ini serentak dilaksanakan untuk lima desa yakni Desa Rejasari, Kujangsari, Jajawar, Sinartanjung dan Desa Sukamukti.

Sedangkan jumlah peserta ada 16 calon kepala desa yang menyatakan siap bertarung, serta menyatakan siap menang siap kalah.

Pihak Pemerintah Kota Banjar sendiri akan menurunkan 6 tim untuk melakukan monitoring pada saat berlangsungnya coblosan.

"Lima tim akan diturunkan ke lima desa yang melaksanakan coblosan. Sedangkan tim yang ke-6 akan mobile melakukan pemantauan,"  kata Sekretaris Panitia Pilkades Serentak Gelombang I tingkat Kota, H. Sahudi, Selasa, 30 Oktober 2018.

Sahudi, yang juga selaku Kepala Dinas PMPDKBPol Kota Banjar, mengatakan, setiap tim diisi oleh sejumlah pejabat eselon II Pemkot Banjar.

"Walikota (Hj. Ade Uu Sukaesih) rencananya juga akan turun langsung melakukan  pemantauan," kata Sahudi.

Tim monitoring akan diturunkan dan mereka akan standby di TPS hingga selesai penghitungan suara, jelas Sahudi.

Tim monitoring akan mengawasi jalannya proses pencoblosan dan memastikan pelaksanaan pilkades berjalan lancar, tertib dan aman.

Sementara itu dari sisi keamanan, pada Pilkades Serentak Gelombang I ini, pihak Polres Banjar akan menurunkan 150 personel.

"Kita akan terjunkan 30 personel untuk  setiap desa yang melaksanakan coblosan besok (hari ini)," kata Wakapolres Banjar Kompol Ade Najmuloh, Selasa (30/10).

Petugas Polres akan ditugaskan selama tiga hari, yakni sehari jelang coblosan dan dua hari setelah coblosan.

"Ya, kita berharap semua dapat berlangsung aman, adil, jujur dan kondusif," harap Wakapolres.



.tema/tn