Gedung Baru KUA Kecamatan Ciawigebang Diresmikan

JabarCeNNa.com, Kuningan - Gedung Baru Kantor Balai Nikah dan Bimbingan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan diresmikan, Kamis (28/11/2019). Peresmian gedung KUA tersebut dilakukan oleh Drs. H. Aldim, M.Si Kepala Bidang Urais dan Binsar Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat. 

Hadir pada acara tersebut, Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan, Dr. H. Hanif Hanafi M.Si, Kasubag TU Kemenag Kuningan, Drs. H. Edi Suwardi, M Si, Kepala seksi Bimas Islam, H. Ahmad Fauzi, S.Ag., M.Si, Kepala KUA Ciawigebang, H. Iman Rohiman SH.I, Kapolsek Ciawigebang, Koramil, dan beberapa kepala KUA dari beberapa Kecamatan, Para Penyuluh Agama PNS dan Non PNS beserta Jajaran Lainnya ikut hadir dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1441 H / 2019 M dan Tasyakuran dalam rangka menempati gedung baru. 

Acara tersebut diisi dengan kegiatan Hadroh dan Tausiyah dari Kyai H. Ayub Ahmad FA.,M.Ag yang menceritakan tentang kelahiran Nabi Muhammad SAW. 

Kepala Kemenag Kuningan, Dr. H. Hanif Hanafi M.Si, dalam sambutannya menyampaikan, Alhamdulillah sesuai dengan agenda hari ini kita dapat melaksanakan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Tasyakuran dalam rangka menempati gedung baru KUA Ciawigebang.

Terkait telah selesainya pembangunan Kantor Balai Nikah dan Bimbingan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciawigebang saya mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya dan sama-sama bekerja dalam mensukseskan pembangunan maupun terkait aspek administratif yang telah kita lakukan, "ungkap H. Hanafi 

Lanjutnya, pihaknya mengucapkan terimakasih khususnya kepada kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat telah membantu bidang urusan agama islam dan pembinaan syariah yang telah banyak membantu Kementerian Agama Kab. Kuningan seperti halnya dalam pembangunan kantor urusan agama ini terlaksana dengan baik. Ini berkat kerja sama kita semua dalam memajukan bidang urusan agama islam. Pungkasnya

Sementara, Drs. H. Aldim, M.Si Kepala Bidang Urais dan Binsar Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya Kantor Balai Nikah dan Bimbingan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) ini dengan tujuan yang pertama, adanya KUA agar menjadi kordinator kantor urusan agama dan menjadi etalase urusan agama serta menjadi ujung tombak pelayanan di masyarakat. Kedua, KUA menjadi pusat rujukan keagamaan sehingga masyarakat tidak merasa bingung dalam hal-hal keagamaan, dan KUA menjadi tempat pendampingan dalam menyelesaikan urusan keagamaan baik bersifat konsultasi dan edukasi, terangnya 

Aldim berharap, dengan adanya sarana dan prasarana yang persentatif ini jajaran Kantor Urusan Agama tentunya dapat memberikan pelayanan terhadap umat dengan lebih baik. Hingga masyarakat yang datang dengan keperluan konsultasi keagamaan atau juga kaitan dengan urusan manasik haji dapat merasa nyaman. Ucap Aldim 

Ditambahkan Bupati Kuningan yang diwakili Asisten Daerah 2 Kuningan, Dadang Supardan mengatakan, "saya ucapkan terimakasih kepada jajaran Kemenag Kuningan, mudah-mudahan gedung yang megah dan berwarna hijau ini menjadi tempat kita bertanya dan tempat kita bersilaturahim dan berkonsultasi baik masalah yang berhubungan dengan agama. 

"Insaallah dengan adanya gedung baru akan tercipta pelayanan yang terbaik" pungkasnya 

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan prasasti oleh Kepala Bidang Urais dan Binsar Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat dan Kepala Kemenag Kuningan dan dilakukannya gunting pita oleh Asda 2 Kuningan sebagaimana diresmikannya gedung baru kantor KUA Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan.

.Iwan