Ketua DPRD Kab. Sukabumi Yudha Sukmagara laksanakan Reses I 2020 di Kebon Pedes

JabarCeNNa.com, Sukabumi - Acara tersebut dilaksanakan dikampung Bojong lingkung RT 03 RW 01 Desa Sasagaran Kecamatan Kebonpedes kabupaten Sukabumi,pada hari Senin tanggal 13 Januari 2020 dengan jumlah peserta yang hadir kurang lebih 60 orang.

Yuda Sukmagara mengatakan,"Hari ini adalah Reses pertama saya ditahun 2020 dan antusias masyarakat sangat luar biasa dan memang kebetulan saya sering kesini. Ini adalah bagaimana kita menyerap aspirasi masyarakat supaya pembangunannya tepat sasaran dan tepat bina. 
Kepala desa semua hadir antusiasnya pun luar biasa. Saya senang sekali dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan dan permintaan-permintaan maka ada tugas untuk saya setelah saya turun di daerah pemilihan ini. Jadi hal ini perlu dijadikan contoh kegiatan didalam komitmen kita kerja nyata untuk masyarakat".

Saat ditanya soal pembangunan perumahan-perumahan didaerah kebon pedes beliau menjawab, "Jadi kebon pedes ini kan masuk dipemukiman dan tata kota jadi memang secara aturan itu boleh dibangun perumahan-perumahan. Hanya saja ada lahan-lahan produktif pesawahan yang dijadikan perumahan yang saya sedikit cukup miris melihatnya karena kita ini perlu mempertahankan ketahanan pangan. 

Pembangunan kita dukung sebetulnya dengan ada perubahan, tetapi jangan sampai nanti komitmen tentang ketahanan pangan apalagi kesawah-sawah produktif, terganggu, jadi itu perlu ada solusi. 

Apabila ada tanah pesawahan yang terkena pembangunan itu harus ada lahan pengganti sebagai komitmen bagaimana masyarakat dan pemerintah ini pun juga mengawal prihal ketahanan pangan.


Kepala Desa Ssagaran Udan Abdullah menambahkan, "pertama tama saya ucapkan terima kasih kepada Ketua Dewan Kabupaten Sukabumi telah hadir di dapil IV ini dan kebetulan dilaksanakan dikampung Bojong Lingkung Desa Sasagaran Kecamatan Kebon pedes. Sesuai dengan reses itu sendiri adalah menyerap aspirasi-aspirasi masyarakat, apa saja kebutuhan masyarakat kemudian dikemukakan didepan Pa Yuda sebagai ketua DPRD sekaligus dewan dapil IV. Hal ini juga termasuk menyangkut kebutuhan bukan hanya untuk desa Sasagaran tapi untuk satu Kecamatan. Seperti diketahui tadi itu bahwa usulan-usulan aspirasi-aspirasi masyarakat termasuk aspirasi kepala desa dari 5 desa di Kecamatan Kebonpedes ini.

Hal yang dikemukakan tadi pertama menyangkut pengairan bendungan dan yang lainnya, Karena mata pencaharian dikebon pedes ini mayoritas dipertanian, oleh karena itu bendungan dan irigasi itu hal yang penting. Saya kira untuk bisa petani menggarap lahannya kemudian bisa memperoleh penghasilan dari hasil itu, dan infrastruktur lainnya seperti jalan dan jembatan itu sempat diusulkan oleh beberapa warga untuk diakomodir. Harapan saya mudah-mudahan nanti bisa direalisasi oleh dewan kabupaten Sukabumi",pungkasnya.


.Suhendi/Sri Nenkli