Gebyar Identitas Kependudukan Digital Digelar Di Taman Kota Lapang Bhakti


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S. Pd., M. H., menghadiri kegiatan Gebyar Identitas Kependudukan Digital (IKD) tingkat Kota Banjar yang bertempat di Taman Kota Lapang Bhakti, Sabtu (11/03/2023).

Kegiatan ini diisi dengan senam Sehat serta sosialisasi Ketentuan di bidang Cukai dari Kantor Bea Cukai Tasikmalaya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar mengatakan bahwa kemajuan Zaman dan Teknologi memacu semua sektor untuk bertransformasi dalam memberikan

pelayanan prima kepada Masyarakat, begitu pula dengan layanan Administrasi kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar telah meluncurkan Identitas Kependudukan Digital untuk merepresentasikan Dokumen Kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui smart phone.

"Kelebihan dari KTP digital antara lain penggunaan lebih simple, pembuatan lebih cepat, lebih aman dari pemalsuan data penduduk, dan tidak ada lagi masalah KTP hilang. Jangan ragu untuk menggunakan identitas kependudukan digital karena sudah terjaga keamanan dan kerahasiaannya. "Ucapnya.


Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjar mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar yang telah melaksanakan publikasi dan sosialisasi Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) tingkat Kota Banjar. Menurutnya, program ini merupakan salah satu upaya penguatan Digitalisasi dalam pelayanan kependudukan di Kota Banjar.

"Saya tahu persis, Disduk Capil Kota Banjar salah satu perangkat daerah pertama yang melakukan program tandatangan elektronik di Kota Banjar dan diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah Yang lain." Ujar Wakil wali kota.

Lebih lanjut, Wakil Wali Kota mengatakan bahwa saat ini kita telah memasuki era digital. Berbagai transaksi sudah melalui digital. Di sektor perbankan Kita sudah mulai mengurangi transaksi lewat tunai. Zaman dulu, kita mempunyai banyak kartu ATM, namun sekarang semua hanya memerlukan satu smart phone untuk semua transaksi. Begitu pula dengan layanan Kependudukan, semua layanan sudah dapat dilayani secara digital.

"Perkembangan teknologi sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia modern, Kota Banjar juga secara bertahap menuju ke smart city diantaranya melalui E office yang sudah berjalan hampir 2 tahun. Untuk itu penting bagi Dukcapil untuk memenuhi kebutuhan data kependudukan masyarakat melalui smartphone dengan membangun identitas kependudukan digital yang merupakan transformasi Digital dari KTP elektronik dan dokumen kependudukan lainnya. Saya juga berharap kepada semua instansi pelayanan publik agar dapat segera menyesuaikan pelayanannya sejalan dengan identitas kependudukan digital di Kota Banjar. "Pungkas Wakil Walikota./Tema