Buruh Pabrik Garmen Mogok Kerja, Gaji Dua Bulan Belum Dibayar


JABARCENNA.COM, Purwakarat - Ribuan buruh PT. IL JIN SUN yang berlokasi di Jalan Raya Bungursari, Purwakarta, menggelar aksi mogok kerja Senin, 30 Juli 2018.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes karena perusahaan belum membayar upah para buruh selama dua bulan terakhir.

"Hari ini kita mulai mogok kerja, dan kita akan melakukan aksi mogok sampai pihak manejemen membayar upah kami," kata Euis, salah seorang buruh di lokasi aksi.

Para buruh yang tergabung dalam Serikat pekerja Seluruh indonesia (SPSI) itu enggan melakukan aktivitas kerja sebelum ada keputusan dari Management IL JIN SUN.

Seorang buruh lainya, Wina, 26, mengatakan pihak buruh tidak mengerti dengan alasan yang disampaikan pihak manejemen bahwa gaji tidak bisa dibayarkan karena perusahaan tidak punya uang.

"Padahal, pabrik masih melakukan ekspor," kata Wina.

Pihak buruh mengatakan, sebelumnya sudah menyampaikan tuntutan agar upah mereka dibayarkan. Namun sayangnya, tuntutan tersebut tidak direspon pihak perusahaan sehingga buruh melakukan mogok kerja.

Para buruh menyatakan akan tetap melakukan mogok kerja, hingga perusahaan membayar upah mereka.

Sementara itu Ketua PUK SPTSK – SPSI PT ILJINSUN, Dedi Suryadi, mengatakan sebelumnya sudah ada kesepakatan antara pihak perusahaan dengan pihak buruh yang diwakili SPSI.

Kesepakatanya adalah bahwa perusahaan akan membayarkan gaji bulan Juni pada bulan Juli. 

"Tetapi ternyata perusahaan ingkar janji, sehingga kami melakukan aksi mogok," kata Dedi.

Di tengah-tengah aksi mogok tersebut, pihak Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Purwakarta dibantu pihak Polsek Bungursari melakukan mediasi. 

Hasil mediasi disepakati bahwa gaji bulan Juni akan dibayarkan pada bulan Agustus ini. Dan selanjutnya, gaji bulan Juli akan dibayar menyusul kemudian.




.asep/tn