Widi Harjana Sudah Pulang, Naik Pangkat Jadi Ipda

Widi Harjana (tengah). (Foto: radarcirebon)
JABARCENNA.COM, Cirebon - Anggota PJR Ditlantas PJR Polda Jawa Barat, Widi Harjana, yang menjadi korban penembakan orang tak dikenal (OTK) di Jalan Tol Kanci-Pejagan KM 224, akhirnya kembali ke rumahnya, di kompleks Bumi Asri Dawuan, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon, Rabu, 29 Agustus 2018.

Widi sempat menjalani perawatan selama lima hari di RS Mitra Plumbon. Namun kini kondisinya sudah membaik dan diperbolehkan pulang. Widi pun pulang, dan Widi yang semula berpangkat Aiptu, pun mendapat penghargaan naik satu pangkat menjadi Inspektur Dua (Ipda). 

Penghargaan serupa sebenarnya juga diperoleh rekanya yang juga menjadi korban penembakan yakni Dodon Kusdianto, dari Aiptu diangkat pangkatnya menjadi Ipda. Hanya saja Dodon akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di RS Polri Jakarta Timur, Senin (27/8) karena luka tembakan di dadanya.

Kapolsek Kedawung Kompol Tutu Mulyana dan kerabat serta rekan sesama polisi, menyambut kepulangan Widi.

Namun demikian, tidak semua anggota polisi bisa membesuk Widi, hanya yang dikenal dan diijinkan yang bersangkutan. Para wartawan pun dilarang melakukan wawancara kepada Widi.

"Kalau mau informasi langsung ke Polda saja, mas," ujar seorang anggota Polri kepada Jabar.CeNNa.Com, yang mencoba mewawancarai Widi.


Kapolsek Kedawung Tutu Mulyana membenarkan, untuk sementara ada larangan wartawan untuk melakukan wawancara dengan Widi.

Tutu mengatakan, Widi tiba rumah sekitar pukul 12.45 WIB, dan berada dalam perlindungan ekstra pihak Polri.


Sekuriti Bumi Asri Dawuan pun mengaku mendapat perintah untuk melakukan patroli ke kediaman Widi, terutama pada malam hari.

"Kita diperintahkan untuk sering patroli ke rumah Pak Widi, terutama saat malam hari. Kalau ada tamu yang tidak dikenal, tidak boleh masuk,” kata Manto, sekuriti setempat.


Seperti diberitakan, dua anggota PJR yang biasa bertugas di Jalan Tol Kanci-Pejagan yakni, Dodon Kusdianto dan Widi Harjana ditembak OTK saat berada di Tol Kanci-Pejagan KM 223. 

Malam itu, saat kedua korban melakukan patroli rutin, melihat ada tiga orang duduk-duduk di pinggiran jalan tol. Keduanya lalu menepikan mobil patroli, dan menyapa ketiga OTK tersebut. Namun, tidak disangka, tiba-tiba salah seorang pelaku melepaskan tembakan kearah Dodon dan Widi.

Dodon dan Widi pun dilarikan ke RS Mitra Plumbon. Sedangkan Dodon yang dirujuk ke RS Polri Jakarta Timur, akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

Sementara itu tiga pelaku penembakan masih dalam pengejaran pihak Polri.


.jamal/tn