Bina Keluarga Lansia (BKL) SAWI Desa Gedepangrango Butuh Perhatian Pemerintah

JabarCeNNa.com, Sukabumi - Dalam mendorong program Bina Keluarga Lansia, BKL SAWI yang berada di Desa Gedepangrango Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi lakukan kegiatan rutin di setiap hari rabu minggu pertama.


Bina Keluarga Lansia (BKL) adalah Kelompok kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga yang memiliki lanjut usia dalam pengasuhan, perawatan dan pemberdayaan lansia agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.

BKL Sawi yang berada Rw.06 Desa Gedepangrango tersebut, selalu rutin dalam melaksanakan kegiatan BKL. Seperti halnya kegiatan POSBINDU (Pos Pembinaan Terpadu.red) yang mana program tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan, ukur tinggi badan, ukur lingkar perut, berat badan, cek tensi darah dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) serta diadakan senam lansia dan pengarahan keagamaan.

Tidak hanya itu kegiatan pemberdayaan pun dilakukan dimana para lansia tersebut membuat kerajinan tangan seperti membuat tikar dari bungkus kopi, dan bercocok tanam seperti halnya berkebun.

Dikatakan Ustad Didin selaku Kasi Pelayanan Desa Gedepangrango mengatakan bahwa kegiatan ini memang masih butuh perhatian mengingat kegiatan yang sering di adakan ini masih menggunakan anggaran tanggung renteng dari para lansia yang ada dan jumlah lansia yang ada sebanyak 83 orang.

"memang sudah sewajarnya untuk memperhatikan dan melayani warga yang sudah lansia" ucap Didin

Kegiatan BKL ini sangat bermanfaat untuk mereka, mereka jadi terhibur dan menambah ilmu serta wawasan. Kedepan kita mau ngajuin anggaran ke desa untuk insentif para kader lansia, dan transport petugas kesehatan dan biaya cek gula darah, kolesterol dan pemberian makanan tambahan PMT, karena selama ini masih memakai swadaya lansia sendiri", pungkas Didin kepada Jabarcenna.com, Kamis, 25 April 2019.


.Erik S.S/Sri Nenkli