Gugus Covid Kemenag RI, Berikan Bantuan 100 Paket Sembako untuk Marbot Masjid

Serat terima bantuan 100 paket sembako untuk marbot masjid
JABARCENNA.COM | BANDUNG - Dipenghujung Bulan Ramadan 1441H/2020M Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kementerian Agama RI yang diwakili oleh Kepala Pusat KUB, Nifasri, dan Plt. Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, H. A. Handiman Romdony, serta Ketua FKUB Jawa Barat, KH. Rafani Akhyar, menyerahkan bantuan 100 paket sembako bagi marbot masjid. Pemberian bantuan ini dilaksanakan di Ruang PTSP Kanwil Kemenag Jawa Barat dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19. Jumat (22/5/2020)

Kepala Pusat KUB,  Nifasri, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pemberian bantuan ini. 

"Pandemi Covid-19 merupakan musibah besar yang menimpa kita semua, tidak hanya dari segi kesehatan tetapi perekonomian juga terkena imbasnya. Maka dari itu dengan adanya pemberian bantuan paket sembako ini dapat meringankan beban saudara kita yang terkena dampak dari pandemi ini," terangnya.

Selain dampak fisik yang dialami oleh masyarakat, Ia juga menyoroti dampak psikis atau mental masyarakat akibat dari pandemi ini. 

"Dampak fisik masih bisa diobati, ekonomi masih bisa diperbaiki, tetapi pemulihan mental psikis masyarakat saat ini menjadi fokus utama kita sebagai pegawai Kementerian Agama," tuturnya.

"Peran tokoh agama menjadi garda terdepan untuk mengawal mental masyarakat agar kita semua bersama-sama secara sadar mau melawan virus ini. Apalagi agama selalu menjadi isu sensitif di tengah Pandemi Covid-19 dengan anjuran beribadah di rumah saja," tegasnya.

Kembali Ia mengingatkan bahwa sebentar lagi Salat Ied akan dilaksanakan dan pegawai Kementerian Agama memiliki kewajiban untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai panduan dan tata cara ibadahnya.

Ditempat yang sama, dikatakan Plt. Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, H. A. Handiman Romdony, mengucapkan terima kasih kepada PKUB dan FKUB Jawa Barat yang sudah bersama-sama memberikan bantuan paket sembako kepada marbot masjid.

"Alhamdulillah, sampai saat ini Kanwil Kemenag Jabar sudah 3 kali memberikan bantuan kepada mitra kerja Kementerian Agama. Memang diakui jumlah bantuan yang diberikan belum bisa mememenuhi jumlah keseluruhannya, tetap sedikit demi sedikit kami berusaha menjangkau semuanya," jelasnya.

Ia berharap dengan bantuan paket sembako yang sudah diberikan dapat membantu mitra kerja Kementerian Agama yang terkena dampak Pandemi Covid-19. 

Rafani Akhyar yang juga mengambil bagian pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersyukur Forum Kerukunan Umat Beragama dilibatkan dalam penanganan Covid-19 sehingga dapat memperoleh informasi mengenai dampak Covid-19 terhadap praktisi agama dan keagamaan seperti guru mengaji, marbot masjid, penceramah, dan lain-lainnya.

"Pemberian bantuan ini bukan hanya sekedar meringankan saja tetapi ini adalah bentuk dari solidaritas kemanusiaan bahwa kita mampu bersama-sama menghadapi dan melawan Pandemi Covid-19 ini," tukasnya.

.Hms/IY

Kementerian Agama RI yang diwakili oleh Kepala Pusat KUB, Nifasri, dan Plt. Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, H. A. Handiman Romdony, serta Ketua FKUB Jawa Barat, KH. Rafani Akhyar, menyerahkan bantuan 100 paket sembako bagi marbot masjid.