Dusun Manis Kadugede Juara Lomba K-3

Kepala Desa Kadugede saat memberikan penghargaan kepada kepala dusun

JABARCENNA.COM | KUNINGAN Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2020 di sejumlah desa/kecamatan Kabupaten Kuningan disesuaikan dengan kondisi dimasa Covid-19 tanpa mengundang kerumunan orang, salah satunya diarahkan pada penilaian lomba kebersihan kampung/dusun masing-masing desa.

Sebagaimana dilaksanakan Pemerintahan Desa/Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan, hingga menjelang hari proklamasi kemerdekaan RI ke-75 tahun mengadakan kegiatan lomba kebersihan salah upaya pencegahan penularan virus Corona. Atas hasil penilaian tersebut, Dusun Manis (Kampung Cijeler) keluar sebagai juara pertama dalam lomba Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K-3) tingkat desa. Sedangkan juara II diraih Dusun Wage, juara III Dusun Kaliwon, Juara IV Dusun Puhun dan juara V dimenangkan Dusun Pahing.

Para pemenang lomba tesebut mendapat hadiah sejumlah uang tunai dari desa disampaikan Kepala Desa, Dadang Suganda, berlangsung di gedung serba guna desa setempat, Minggu (16/8/2020) malam. 

Foto bersama usai penerimaan penghargaan

Dalam pemberian hadiah tersebut, seluruh warga diundang untuk hadir di balai desa, sekaligus tasyakuran dengan melakukan doa bersama dipimpin KH Jaja. Seusai mendapat arahan dari kepala desa dan selepas doa bersama, hadirin dipersilahkan untuk menikmati tumpeng yang tersedia.

“Peringatan hari proklamasi kemerdekaan sekarang ini, tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya mengingat situasi dan kondisi masa pandemi Covid-19. Namun demikian, tidak mengurangi makna hari kemerdekaan tersebut melalui kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Antara lain, melaksanakan lomba K-3 antar dusun (kampung) yang ada di Desa Kadugede. Mudah-mudahan melalui lomba kebersihan ini dapat meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat,” kata Kepala Desa Kadugede, Dadang Suganda, didampingi Sekretaris, Gigih. Generasi Muda

Kemenangan lomba K-3 tingkat desa, tidak terlepas atas dukungan seluruh warga Dusun Manis beserta kekompakan Ketua RW, Ketua RT, pengurus Fordus yang baru. 

Mereka adalah para generasi muda yang memiliki semangat tinggi dalam membangun wilayah (RT/TW) masing-masing. Adapun Ketua RW I Engkos Kosasih, Ketua RW II Gungun, Ketua RT 1 H Maman, Ketua 2 Sail, Ketua RT 3 Didi Supendi, Ketua RT 4 Eman S dan Ketua RT 5 Andi. Mereka adalah para generasi muda yang selalu koordinasi dengan Ketua Fordus Mamat Maskur dan unsur pengurus lainnya dibawah arahan Kepala Dusun Manis, Oga. (***)