Institut Pertanian Bogor (IPB) Mengadakan Penyuluhan di Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi


JABARCENNA.COM | SUKABUMI - Acara penyuluhan tersebut diadakan di Aula Kecamatan Jampang Tengah pada Hari Selasa Tanggal 15/12/2020 Dengan Narasumber dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan jumlah peserta yang hadir kurang lebih 20 orang. 

Guru Besar IPB Prof.Drh.Agus Setiyono. MS.,Ph.D., Mengatakan, Hari ini adalah kegiatan dalam rangka Guru Besar Mengabdi, Dosen Mengabdi, Dosen Institut Pertanian Bogor 

Jadi kami ke Jampang Tengah ini dalam kaitannya dengan pembentukan adanya kader siaga Rabies dalam kaitannya melakukan SARASEHAN dalam konteks pengendalian dan pencegahan penyakit Jonosis RABIES. 

Kita berdiskusi banyak dengan para kader dan nampaknya kader ini yang sudah dibentuk dari tahun 2016 ini luar biasa, Dan ternyata KASIRA ini aktif dan memberikan manfaat banyak terhadap masyarakat dalam kaitannya untuk mencegah/menurunkan kasus RABIES di wilayah khususnya di Jampang Tengah ini. 

Dukungan pemerintah jelas ya,karena KASIRA ini dibentuk dari unsur Dinas Kesehatan disana ada tenaga yang dari Posyandu kemudian dari Dinas Peternakan juga demikian,turun untuk memberikan kontribusinya dengan upaya yang memang bisa dilakukan kaitannya dengan pencegahan. 

Lalu kader ini diambil dari masyarakat para pemuda, pemudi nah semuanya ini didukung oleh Dinas, Pemda dari pemerintah kabupaten Sukabumi tentunya. 

Lanjut Agus, dan kami sebagai Institut Pertanian Bogor memberikan dukungan yang luar biasa kami sangat bangga dan inginnya KASIRA ini nanti menjadi Model yang bisa diterapkan di wilayah lain di seluruh Indonesia, yang mana kasus Jonosis rabies ini masih cukup tinggi kasusnya misalnya di Sulawesi Utara, Sumatera Barat, termasuk Jawa Barat sendiri dan mungkin Wilayah-wilayah lain yang mungkin kasusnya cukup tinggi dan belum bebas RABIES. 

Harapan kami sebetulnya adalah masyarakat semakin cerdas bisa melihat bahwa banyak persoalan penyakit-penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia, sehingga mereka bisa mengambil langkah Antisipatif ataupun bahkan juga bisa melakukan tindakan- tindakan yang sifatnya preventif. Pungkasnya


.Suhendi