65 Kelompok Tani Kab. Kuningan Terima Handtraktor dan Mesin Pompa Air


JABARCENNA.COM, Kuningan - Tahun 2018 Kabupaten Kuningan mendapat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) sebanyak 65 unit Alsintan, yang terdiri dari 20 unit Handtraktor dan 45 unit mesin pompa air.

Hal tersebut disampaikan Kepala dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kuningan Ir H Dodi Nurochmatuddin MP selepas acara serah terima Alsintan kepada para kelompok tani Kabupaten Kuningan, Selasa 24 juli 2018.

Sebelumnya, Acara serah terima alat mesin pertanian terhadap kelompok tani tersebut langsung diserahklan oleh Penjabat Sekretariat Daerah Kuningan Drs. H. Dadang Supardan M.Si Bertempat di halaman Distanak Kabupaten Kuningan.

Dikatakan Pj Sekda Kuningan Dadang Supardan Dalam “Pembangunan pertanian merupakan salah satu prioritas dari 9 agenda Presiden tahun 2015-2019 di dalam Nawacita. Prioritas tersebut berkesinambungan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahap ke 3 (periode 2015-2019) bidang pangan dan pertanian.

“Dalam RPJM tersebut, pertanian lebih difokuskan secara menyeluruh pada pembangunan perekonomian kompetitif berbasis sumber daya manusia yang berkualitas dan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ucapnya.

Lanjutnya, “Alat mesin pertanian yang diberikan ini sebagai amanat untuk dapat dipergunakan dengan adil, diusahakan dapat memperluas tambahan luas tanam, khususnya padi dan tidak terdengar lagi telat pengolahan tanah dan kekeringan,” ujarnya

Ditambahkan Sahibul, PJS Bidang Tanaman Pangan, “Alhamdulillah setiap tahun kita mendapatkan bantuan Alat mesin Pertanian (Alsintan) dan yang barusan di serah terimakan terhadap kelompok tersebut itu bantuan dari APBN atau bantuan pusat” kata Sahibul.

Sahibul berharap, adanya bantuan itu bisa meningkatkan produktivitas tanaman pangan terutama padi, dan minta petani di Kabupaten Kuningan tidak menyia-nyiakan bantuan traktor dan pompa air yang sudah tersalurkan tersebut” ucapnya


.iwn