Sawah di Empat Kecamatan Indramayu Puso


JABARCENNA.COM, Indramayu - Hampir 700 hektare sawah di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Indramayu mengalami gagal panen atau puso akibat kekeringan.

Keempat kecamatan itu masing-masing, Kecamatan Losarang (369 Ha), Kandang Haur (100 Ha), Gabus Wetan (214) dan Cikedung 11 Ha.

"Kami mencatat sampai saat ini data terakhir itu ada 694 hektare yang puso di Kabupaten Indramayu," kata Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, Takmid, kepada Antara di Indramayu, Selasa, 31 Julu 2018.

"Ada empat kecamatan di Indramayu yang terjadi puso ini akibat tidak ada debit air yang mengaliri sawah," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua penanggung jawab upaya khusus swasembada padi, jagung dan kedelai (Upsus Pajale) Provinsi Jawa Barat, Banun Harpini mengatakan. sekitar 6.350 hektare sawah di Indramayu berpotensi puso jika dalam waktu 7 hari ke depan tidak terairi.

"Kita mengecek langsung kondisi lapangan, mengevaluasi penanganan masalah air di tiga kecamatan dan menyiapkan langkah antisipasi untuk memperkecil dampak cuaca ekstrim yang diperkirakan bakal datang sampai 2,5 bulan mendatang," kata Banun.

Banun juga segera mengidentifikasi kelompok tani yang tanaman padinya terkena puso dan segera mengusulkan untuk pengajuan klaim asuransi pertanian ke Jasindo atau bank yang terkait.

"Belajar dari pengalaman ini, kami mengajak para petani yang belum mengikuti program asuransi pertanian yang ?telah dikembangkan oleh Kementerian Pertanian, untuk dapat segera bergabung di musim tanam depan," tuturnya.

.tn