H. Dadang Haerudin, Sambut Siswa Dengan 3-S

Kepala Sekolah  Madrasah Tsanawiya Negeri 3 Kuningan, H. Dadang Haerudin. Foto :Ist

JabarCeNNa.com, Kuningan - Peringatan Outdoor Classroom Day (OCD) diikuti oleh seluruh guru dan TU sekaligus menyabut siswa disertai perlakuan 3-S (Senyum, Sapa dan Salam) yang diteruskan dengan melaksanakan shalat dhuha di lapangan upacara sekolah setempat. 

Selanjutnya menyanyi lagu Indonesia Raya dengan penuh semangat dan hidmat yang dilakukan oleh seluruh peserta OCD. Tidak lupa untuk melakukan cuci tangan dan doa bersama sebelum makan/sarapan dengan menu sehat. Jangan lupa mematikan lampu, peralatan listrik yang tidak diperlukan maupun menutup kran air yang masih mengalir upaya penghematan.

Peringatan OCD atau belajar sehari diluar kelas disambut gembira dan meriah melalui bergai kegiatan belajar dan mengajar bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs) Negeri 3 Kuningan (Cigugur), belum lama ini. Kepala sekolah, guru, TU beserta para siswa melaksanakannya dengan penuh semangat melalui pembelajaran berbagai mata pelajaran

“Menimba ilmu atau belajar tidak harus selamanya berada di dalam ruangan, bisa juga dilakukan dengan cara diluar dinding tembok (diluar kelas) atau di alam terbuka. Belajar diluar kelas itu siswa bisa berekpresi maupun berimajinasi terkait mata pelajaran yang ada,” kata Kepala MTs Negeri 3 Kuningan (Cigugur), H Dadang Haerudin, beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut merupakan pembelajaran secara langsung bagi para siswa, termasuk melaksanakan gerakan literasi (meningkatkan budaya baca) yang dilanjutkan dengan berbagai simulasi. Misalnya, penanggulangan maupun perungaran risiko apabila terjadi bencana gempa bumi atau letusan gunung berapi. Itu semua bisa dilakukan diluar kelas melalui berbagai simulasi untuk mendapat pencerahan bagi para siswa. Agar kondisi kita tetap sehat dan bugar, jangan lupa melakukan senam Germas dan berbagai kegiatan selama OCD berlangsung.

Salah upaya menciptakan suasana aman, nyaman dan tertib selama berada di linkungan sekolah, MTs Negeri 3 Kuningan mendeklarasikan sekolah ramah anak. Para pendidik dan siswa berikrar, menjadi sekolah sebagai sarana pendidikan, dengan layanan prima, aman dan nyaman. 

Selain itu, melaksanakan pembelajaran dengan kasih sayang, tanpa kekerasan. Menjamin kesehatan dan menghargai kesetaraan hak pendidik, tanpa diskriminasi. Terkahir, menjadi sahabat dalam kebersamaan, bermartabat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.


(Tim CeNNa)