Pastikan Petugas Bebas Narkoba, Lapas Kelas II B Banjar Gandeng BNNK Ciamis Gelar Test Urine


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Banjar menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melaksanakan pemeriksanaan test urine terhadap seluruh petugas Lapas. Pemeriksaan Test Urine ini dilakukan di Gedung Kesehatan Lapas Kelas II B Banjar, Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (12 Oktober 2021).

Pemeriksaan test urine ini disaksikan langsung oleh Kepala Lapas Kelas II B Banjar Muhammad Maulana, A.Md.I.P., S.H., M.Si., dan Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., serta Kasat Reskrim dan Binmas Polres Banjar. Selain itu juga ada sejumlah perwakilan Kejaksaan Negeri Banjar dan Satpol PP Kota Banjar.

Kepala Lapas Kelas II Banjar Muhammad Maulana, A.Md.I.P., S.H., M.Si., mengatakan, pemeriksaan test urine ini dilakukan kepada seluruh petugas di Lapas Kelas II Banjar. Selain itu juga diikuti oleh para Polisi Khusus dari berbagai instansi terkait khusunya di wilayah Kota Banjar.

"Di targetkan akan diikuti oleh 100 orang. Mereka terdiri dari internal Lapas Kelas II B Banjar, dan Polsus instansi terkait. Ini wujud keseriusan kami untuk Zero Halinar (HP, Pungli dan Narkoba)," katanya.

Sementara itu, Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., mengatakan, pelaksanaan tes urine ini adalah sebagai upaya atau sebuah program deteksi dini terhadap penyalahgunaan narkotika. Selain itu juga sebagai bentuk komitmen, keteladanan terhadap masyarakat bahwa Lapas Kelas II Banjar bersih narkoba.

"Jangan sampai di jajaran Lapas ada yang terindikasi menggunakan narkotika. Apabila ada yang terindikasi tentu ada upaya-upaya preventif dilakukan sesegera mungkin," kata Engkos.

Pelaksanaan test urine ini dilaksanakan dengan tetap mempedomani protokol kesehatan. Seluruh peserta diwajibkan menggunakan masker dan menghindari timbulnya kerumunan agar tidak menjadi klaster penyebaran virus corona./Tema