Tunjang Pemulihan Ekonomi, Pelaku UMKM Kuningan Terima Bantuan


JABARCENNA.COM | KUNINGAN,- Guna menunjang pemulihan ekonomi dan demi berlangsungnya kelangsungan usaha, Pemerintah Kabupaten Kuningan berikan bantuan terhadap para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kuningan.

Bertempat di Pendopo Kabupaten Kuningan, sejumlah pelaku usaha menerima bantuan secara simbolis yang diberikan langsung oleh Bupati Kuningan, Acep Purnama SH,M.H didampingi Sekretaris Daerah, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si, Kepala Diskopdagperin U. Kusmana, S. Sos, M. Si, beserta jajarannya Jumat (26/11/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Kuningan berharap adanya sinergitas antara legislatif dan eksekutif dalam hal menunjang berbagai program pemerintah sebagaimana upaya dalam membangkitkan ekonomi kerakyatan bagi segenap masyarakat, khususnya para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Kuningan. 

Bantuan hibah yang disalurkan melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) yang  berupa uang dan sarana/prasasana ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pelaku usaha.

“Kepada penerima hibah bantuan ini, hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan produksi serta daya beli sehingga akan berdampak pada pemulihan ekonomi masyarakat. Termasuk memberikan efek berantai terhadap roda perekonomian di Kabupaten Kuningan demi pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM maupun IKM yang ada,” ujar H Acep.

Pemerintah Kabupaten Kuningan sendiri, lanjutnya, terus berupaya menguatkan pondasi ekonomi seraya mengantisipasi peluang dan tantangan dalam menghadapi era globalisasi, karena hakikatnya digerakkan oleh kegiatan pemerintahan dan penawaran masyarakat. Dalam hal ini, bagi Pemerintah Kabupaten Kuningan sudah menjadi keharusan untuk melakukan penguatan ekonomi kelompok UMKM/IKM agar tetap bergerak, tumbuh dan berkembang sesuai harapan kita semua.


Sementara, Kepala Diskopdagperin Kab. Kuningan, U. Kusmana, S.Sos, M.Si. menerangkan, bantuan ini bersumber dari Kementerian Perdagangan RI berupa 50 (lima puluh) unit rombong motor untuk para pedagang mikro (penjual serabi, cilok, bakso dan gorengan), 50 unit gerobak souvenir untuk para pelaku mikro UKM-IKM/Restoran/Hotel serta bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp. 250.000 bagi sebanyak 2.000 pelaku usaha mikro.

“Semoga bantuan ini dapat kembali memulihkan pergerakan perekonomian UMKM/IKM (Industri Kecil Menengah) yang ada di Kabupaten Kuningan. Lebih dari itu, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang lebih sejahtera,” tuturnya.

./iwn