Jelang Nataru, Forkompinda Kota Banjar Gelar Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama dan Rapat Evaluasi Covid-19


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama (SKUB) dan Rapat Evaluasi Covid-19 Menjelang Nataru tahun 2021, yang dilaksanakan di Aula Sekda kota Banjar, Selasa (21/12-2021).

Tema kegiatan Sosialisasi " Modernisasi Beragama Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama ".

Hadir dalam kegiatan Sosialisasi Banjar Hj Ade Uu Sukaesih, Sekda kota Banjar H Ade Setiana, Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih, Ketua Forum FKUB H Muhtar Gojali, Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Dadan Ramdani, Kalapas Banjar,OPD se kota Banjar dan Camat, Desa/Kelurahan.


Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih, S.I.K., M.Si., mengatakan, persiapan Nataru, PAM dan ploting personel sudah. Tadi disampaikan bagaimana kita bertoleransi dan memberikan kebebasan kepada saudara-saudara kita yang merayakan Natal.

Kita persiapkan dengan semaksimal mungkin. Kita juga mendapatkan dukungan dari teman-teman Banser dalam pengamanan Natal.

Total ada 436 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan Nataru. Mereka terdiri dari Polri, TNI, Unsur Masyarakat, Dishub, Satpol PP, Banser, Linmas, Dinkes, BPBD dan semua stakeholder ada.

Kita mendirikan satu Pos Terpadu, 2 Pos Pelayanan dan 5 Pos Pengamanan. Cara bekerja kita sesuai dengan instruksi Mendagri, kemarin kira juga sudah rakor bersama Polda, bahwa kita konsepnya adalah "pengaman pelayanan" dengan titik berat protokol kesehatan.

Banjar sudah Level 1 dan Polda Jabar sudah Level 2 dan 1, artinya kegiatan masyarakat diperkenankan dengan batasan tertentu dan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Kita ini Banjar ada di wilayah Perbatasan Jabar-Jateng. Jangan sampai ada transmisi atau lintas virus yang mengikuti. Kita semua sudah sepakat bahwa ketika masyarakat melakukan mobilitas syarat utamanya yaitu Vaksin kedua dan mereka sudah di swab.

Artinya penumpang benar-benar sehat. Ketika dia datang ke suatu tempat di wilayah Jawa Barat atau meninggalkan Jawa Barat tidak menimbulkan masalah. Makanya adanya pos PAM dan Pelayanan yang ada di terminal.

Fungsi pos pelayanan yang ada di terminal itu untuk memastikan protokol kesehatan tetap terjaga dengan baik, aman. Nanti kita akan melakukan pengecekan dan pelayanan protokol kesehatan ini secara random.

Yang harus kita pastikan bahwa bis yang datang ke Terminal Banjar sudah memenuhi protokol kesehatan akan kita berikan tanda cap layak untuk jalan.

Bagi rekan-rekan yang merayakan selamat menyambut dan merayakan. Kemudian kepada seluruh masyarakat Kota Banjar mari kita jadikan kegiatan ini sebagai kegiatan saling menghargai, saling memberikan yang terbaik, ciptakan suasana yang aman dan damai sehingga Banjar ini segera pulih ekonomi dan semangatnya untuk menyambut Tahun 2022 dengan harapan yang baru lebih baik dan lebih optimis, pasti jangan abaikan protokol kesehatan.

Ketua FKUB Kota Banjar KH. Iskandar Effendi, S.Hi., menyampaikan kami sebagai FKUB Kota Banjar berharap kepada saudara-saudara kami yang akan merayakan natal, laksanakan lah dengan penuh ketenangan dan kekhususkan. Kami jamin situasi akan terkendali dan aman.

Kepada masyarakat umum jadikanlah momentum ini sebagai introspeksi diri kita untuk selalu saling menghargai, saling menghormati dan untuk tetap menjaga kerukunan antar umat beragama yang ada di Kota Banjar.

Yakinlah dengan kebersamaan akan banyak hal yang dapat kita lakukan. Kalau kita terpecah belah akan semakin membuat kita terpuruk kedalam jurang kenistaan. Nataru ini merupakan momentum kita untuk merajuk kebersamaan./Tema