Walikota Banjar Lantik 44 Kepala Sekolah Tingkat SD


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan, Penugasan Guru sebagai Kepala UPTD Sekolah Dasar Negeri di Dinas Pendidikan kota Banjar, yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan kota Banjar, Kamis (09/12-2021).

Sebanyak 44 orang Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) resmi di lantik secara langsung oleh Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., yang bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Penugasan Guru Sebagai Kepala UPTD Sekolah Dasar Negeri Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar serta Alih tugas Kepala Sekolah ini dilaksanakan untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Sekolah dikarenakan ada pejabat yang meninggal maupun pensiun.

Dalam arahannya, Wali Kota Banjar menjelaskan, Bahwa pendidikan menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kota Banjar dan menjadi salah satu indikator keberhasilan yang tertuang dalam kinerja utama. Dalam perjalanannya, peran penting seorang kepala sekolah sebagai penyusun program kerja sekolah, seorang administrator, serta membangun kerjasama antar warga sekolah.

"Berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Kepala Sekolah menyebutkan bahwa kepala sekolah yang akan diangkat menjadi Kepala Sekolah harus mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah yang didapat melalui Diklat Calon Kepala Sekolah Untuk mendapatkan Sertifikat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP) calon Kepala Sekolah sebagai salah satu syarat administrasi Pengangkatan"jelasnya

Wali kota mengingatkan, seorang kepala sekolah harus menjalankan dan melaksanakan semboyan "Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani"

"intinya, seorang kepala sekolah harus memberikan contoh, dorongan dan arahan kepada guru, siswa maupun tenaga kependidikan untuk berprestasi lebih baik. Hal ini dilaksanakan guna menghasilkan anak didik yang cerdas ilmu pengetahuannya serta baik akhlaknya"pungkas wali kota.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali kota Banjar H Nana Suryana,Kepala BKPPD Kota Banjar, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar./Tema