Acara Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi Penyakit Mulut dan Kuku Dihadiri Langsung Wakil Walikota Banjar


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd., M.H., membuka Pertemuan Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi Penyakit Mulut dan Kuku yang Bertempat di Ruang Sakura Santika Hotel Kota Tasikmalaya, Senin, (28/11/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Pakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI yang diikuti oleh seluruh anggota Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kota Banjar selama dua hari mulai tanggal 28-29 November 2022.

Pertemuan ini menghadirkan Narasumber Wakil Wali Kota Banjar, Kepala Balai pengujian mutu dan sertifikasi pakan Direktorat Jenderal peternakan dan kesehatan hewan Kementerian Pertanian RI serta Sekretaris Daerah Kota Banjar selaku Ketua Satgas Penanggulangan PMK Kota Banjar.


Dalam arahanya, Wakil wali kota menuturkan bahwa kasus PMK di Kota Banjar pertama kali Dilaporkan pada tanggal 8 Mei 2022 pada ternak sapi potong di lokasi kandang yang berada di kelurahan Banjar Kecamatan Banjar dengan jumlah ternak terkonfirmasi PMK sebanyak 11 ekor dan terdug/suspek sebanyak 19 ekor. Dari 30 ekor ternak sapi tersebut sebanyak 1 ekor mati 8 ekor potong paksa dan sisanya dinyatakan sembuh.

"Dari kejadian tersebut kasus PMK menyebar ke dua kecamatan yaitu Kecamatan Banjar dan Kecamatan purwaharja berdasarkan hasil surveilans petugas kesehatan hewan Kota Banjar penyebaran kasus PMK di Kota Banjar terjadi akibat lalu lintas ternak yang tinggi menjelang hari raya Idul Adha yang mana beberapa pelaku Tata Niaga ternak melakukan pemasukan ternak sapi potong dari luar wilayah Kota Banjar terutama dari daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Hal ini Tentunya menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota Banjar untuk melakukan tindakan pengendalian penyakit PMK di Kota Banjar secara bersama-sama dan menyeluruh dengan melibatkan semua unsur baik pemerintah maupun masyarakat. "Jelas wakil wali Kota.


Dalam kesempatan tersebut wakil walikota juga mengucapkan terima kasih kepada Balai pengujian mutu dan sertifikasi pakan Direktorat Jenderal peternakan dan kesehatan hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang telah memfasilitasi penyelenggaraan rapat koordinasi kegiatan komunikasi informasi dan edukasi penyakit PMK tingkat Kota Banjar.

"Melalui rapat koordinasi ini saya berharap kita dapat bersinergi dan bekerja sama dalam upaya pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) melalui tindakan pencegahan dan pemberantasan sehingga Kota Banjar dapat kembali bebas dari penyakit tersebut. Semoga dengan terbebasnya Kota Banjar dari PMK peternakan di kota Banjar semakin meningkat sebagai penunjang Percepatan Pemulihan Ekonomi di Kota Banjar. "Pungkas Wakil wali Kota Banjar./Tema