Angkat Tema "Menuju Pembangunan Inklusi dan Berkelanjutan" Diacara Hari Disabilitas


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Dalam rangka Peringatan Hari Disabilitas Internasional Dinas Sosial P3A, PPDI kota Banjar bersama Raider 323/BP Cakra Jawara Kompi Senapan Alap-alap mengadakan kegiatan lomba Puisi, Pidato, Melukis, Menyanyi yang dilaksanakan di depan halaman Kantor Dinas Sosial kota Banjar, Sabtu (3/12-22).

Tema Hari Disabilitas ini adalah "Menuju Pembangunan Inklusi dan Berkelanjutan".

Hadir dalam kegiatan Kadis Kadinsos kota Banjar Suryamah yang sekaligus membuka kegiatan,Komandan Kompi Senapan Alap-alap Lettu Inf Syaeful Bachri,Ketua PPDI kota Banjar Iwan.

Beragam perlombaan bagi para penyandang disabilitas digelar dalam rangka peringatan HDI Tahun 2022 tingkat Kota Banjar. Mulai dari lomba pidato, puisi, bernyanyi dan melukis.


Kepala Dinas Sosial P3A Kota Banjar Hj. Suryamah, SH., M.H., mengatakan, peringatan HDI merupakan bentuk penghargaan terhadap jasa peran dan kemampuan para penyandang disabilitas, sekaligus momentum untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi para penyandang disabilitas.

Peringatan HDI juga dimaksudkan untuk mewujudkan kemandirian, kesetaraan dan kesejahteraan penyandang disabilitas. Serta wujud pengakuan dan eksistensi penyandang disabilitas.

"Saya mengajak kepada semua untuk bersama-sama mendorong upaya pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas melalui program-program inklusi. Sesuai dengan tema tahun ini yakni \'menuju pembangunan inklusi dan berkelanjutan\'," kata Hj. Suryamah.


Hj. Suryamah mengutarakan bahwa penting bagi semuanya untuk memastikan bahwa negara dan masyarakat memberikan perhatian setara untuk semua ragam disabilitas. Pemerintah Kota Banjar selalu meneguhkan komitmen untuk membangun kepedulian dan memberdayakan para penyandang disabilitas dengan program yang rutin dilaksanakan.

"Seperti bantuan sosial permakanan, bantuan alat bantu fisik, bantuan stimulan usaha ekonomi produktif, bantuan jaminan hidup dan bantuan lain yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota Banjar," kata dia.

Komandan Yonif Raider 323/BP Kostrad Letkol Inf Triyono Hadiyanto, S.Sos., yang diwakili oleh Komandan Kompi A Yonif Raider 323/BP Kostrad Lettu Inf Syaeful Bachri, S.T.Han., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Sosial P3A Kota Banjar yang sudah mengajak bergabung bersama-sama menyelenggarakan acara luar biasa.

"Program kegiatan ini, kita mengacu pada program Operasi Militer Selain Perang. Di Kostrad kami memiliki program Cakra Jawara. Cakra Penjaga Nusantara. Disini kami bekerjasama dengan instansi terkait untuk menyelenggarakan kegiatan yang berguna untuk masyarakat sekitar," kata Lettu Inf Syaeful Bachri.

Lettu Inf Syaeful Bachri juga menyampaikan pesan kepada para penyandang disabilitas untuk tetap semangat dan terus berkembang meraih apa yang telah dicita-citakan. "Kami hanya mengucapkan terus berkembang dan tetap berjuang sesuai dengan cita cita masing-masing," ucap dia.

Sementara itu, Ketua PPDI Kota Banjar Iwan mengatakan, peringatan HDI ini meminta Pemerintah untuk bisa mengimplementasikan di kehidupan nyata. Peran serta OPD terkait itu sangat dinantikan para penyandang disabilitas agar bisa disetarakan sehingga tidak ada sekat.

"Pelayanan bantuan itu bukan solusi yang harus. Solusi terpenting yaitu pembangunan karakter dan pembangunan skill kemampuan, skill penyandang disabilitas harus bisa setara dengan kabupaten/kota lain atau orang normal lainnya," kata Iwan./Tema