Jelang Nataru Polres Banjar Dirikan Pos Terpadu-Pengamanan dan Pelayanan


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Persiapan pengamanan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, Polres Banjar Polda Jabar mendirikan sejumlah pos di wilayah Kota Banjar. Sebanyak tiga tipe pos yang didirikan selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Ketiga pos itu yakni Pos Terpadu, Pos Pengamanan, dan Pos Pelayanan.

"Kita ada tipe pos, Pos Terpadu dimana berada di Alun Alun Banjar. Pos Pengamanan berada di beberapa lokasi dekat dengan Gereja. Serta Pos Pelayanan yang ditempatkan di wilayah perbatasan," ujar Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, SH., S.I.K., M.M., didampingi Wakapolres Banjar Kompol Tommy Widodo A., SH., M.Si., Kanit Regident Satlantas Polres Banjar Ipda Agus Budiyanto, SH., di Alun Alun Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (21/12/2022).

Kapolres Banjar menjelaskan, Pos Terpadu ini akan diawasi oleh personel gabungan dari Polres Banjar, TNI serta Instansi terkait. Seperti Dinas Perhubungan ataupun BPBD, Pramuka, Banser dan Ormas serta LSM.

Sedangkan, Pos Pengamanan di wilayah hukum Polres Banjar Polda Jabar ada tiga Pos yang didirikan selama Nataru. Beberapa lokasi dekat dengan gereja. Sementara untuk Pos Pelayanan kita menyiapkan ada tiga pos di beberapa perbatasan ataupun tempat keramaian.

"Pos Pelayanan itu situasional, bisa kita lihat nanti. Kalau Pos Pelayanan ini sebatas sampai pukul 18.00 melihat situasi dilapangan, personel langsung ditarik untuk digeser ke lokasi pengamanan," kata AKBP Bayu Catur Prabowo.

Terkait kelengkapan setiap Pos, kata Kapolres Banjar, itu sesuai dengan prosedur. Seperti di Pos Terpadu disediakan kendaraan evakuasi, BPBD dan itu semua standby di Pendopo Kota Banjar yang dekat dengan Pos Terpadu Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 Polres Banjar Polda Jabar.

"Perlengkapan perorangan kami perintahkan kepada setiap personel bertugas, seperti jas hujan, lampu senter, dan kelengkapan lainnya untuk mendukung pelaksanaan operasi. Setiap pos akan ditempatkan peta-peta dan kerawanan-kerawanan yang nanti harus kita bisa antisipasi," tuturnya.

AKBP Bayu Catur Prabowo menambahkan, pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 Polres Banjar Polda Jabar menerjunkan 164 personel. Mereka gabungan dari seluruh satuan fungsi Polres Banjar dan Polsek jajaran. Mereka akan bersinergi dengan TNI, Instansi terkait, LSM, Ormas, PMI hingga Pramuka./Tema