Banjar Clinical Update VI Usung Tema Diagnostik, Penatalaksanaan Terkini dan Komplikasi Penyakit Diabetes Melitus


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., bersama Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H menghadiri Kegiatan Banjar Clinical Update VI yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana, Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar, Sabtu (22/07/2023).

Kegiatan yang digelar oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Banjar mengusung tema Diagnostik, Penatalaksanaan Terkini dan Komplikasi Penyakit Diabetes Melitus dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, Kepala BLUD Rumah Sakit Umum Kota Banjar, Ketua IDI Kota Banjar serta Jajaran Pengurus IDI Kota Banjar.

Wali Kota mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya Penyakit Diabetes Melitus merupakan salahsatu penyakit yang cukup banyak penderitanya. Menurutnya berdasar data pada tahun 2007 jumalah penderita Diabetes Melitus di Kota Banjar sebanyak 5.7% serta pada tahun 2022 mengalami peningkatan menjadi 5.7% dari jumlah penduduk Kota Banjar.

"Dari data terlihat adanya peningkatan jumlah penderita Penyakit Diabetes Melitus di Kota Banjar. Yang paling penting adalah dengan upaya pencegahan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat. " Ujar Wali Kota.

Lebih lanjut Wali Kota Berharap, sosialisasi dan edukasi pencegahan Penyakit Diabetes Melitus ini dapat sampai ke masyarakat dengan melibatkan Puskesmas serta Rumah Sakit Yang ada di Kota Banjar.

"Kita kolaborasi dengan melibatkan Puskesmas serta Rumah Sakit untuk sosialisasikan PHBS kepada masyarakat. Tingkat IPM di Kota Banjar telah mencapai 72.55%. Ini merupakan hasil kolaborasi dari seluruh stakeholder dalam upaya meningkatkan IPM di Kota Banjar khusunya di bidang Kesehatan. Kedepan saya berharap peserta kegiatan seperti ini dapat melibatkan unsur masyarakat sehingga edukasi bidang kesehatan dapat tersampaikan secara langsung kepada masyarakat. "Pungkas Wali Kota./TM