Hadiri Kegiatan Hajat Bumi, Nana : Ini Bentuk Rasa Syukur Semoga Jadi Menjadi Amal Ibadah Kita Semua


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd.,M.H., menghadiri kegiatan Hajat Bumi dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1445H yang bertempat di Lingkungan Pataruman RT 001 RW 13 Kelurahan Pataruman Kecamatan Pataruman, Jumat (28/07).

Kegiatan yang di gagas oleh Paguyuban Nur Suci ini diisi dengan kegiatan Khitanan Masal, Santuan Bagi Anak yatim dan jompo, ngarongkang Dongdang serta Pentas Seni Kesenian Calung.

Dalam sambutanya, Wakil Wali Kota mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

"Sesuai dengan janji Allah dalam surat Ibrahim Ayat 7 Allah mengatakan bahwa 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat'. Untuk itu saya berharap, bentuk rasa syukur ini menjadi amal ibadah bagi masyarakat di Lingkungan Keluarahan Pataruman. " Ucap Wakil Wali Kota.

Lebih lanjut Wakil Wali Kota mengatakan bahwa kegiatan ini juga untuk melestarikan tradisi yang telah turun temurun. Seperti dalam tradisi ngarongkang Dongdang, masyarakat berebut untuk mendapatkan hasil bumi, ini simbol segala yang ada di muka bumi adalah ciptaan Allah dan didapatkan dengan usaha dan doa.

"Barang siapa yang mau berusaha dengan keras maka dia akan mendapatkan hasil yang besar pula. Semoga bentuk rasa syukur serta tradisi ini dapat lestari dan terus dapat dinikmati oleh Anak Cucu Kita. " Pungkas Wakil Wali Kota./TM