Wawalikota Banjar Hadiri Kegiatan Suran Di Desa Waringinsari Dalam Rangka Meriahkan Tahun Baru Islam 1445 H


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd.,M.H., menghadiri kegiatan Suran Desa Waringinsari dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah yang bertempat di Halaman Kantor Desa Waringinsari Kecamatan Langensari, Senin (24/07/2023).

Suran merupakan tradisi yang dilaksanakan pada malam tanggal 1 Sura/Muharam. Tradisi Suran merupakan tradisi warisan yang selalu dilaksanakan setiap tahun.

Kegiatan ini diisi dengan Doa bersama lintas agama, gelar Budaya seperti Kirab Sedekah Bumi serta Pagelaran Wayang Kulit.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Banjar, melepas secara langsung Kirab Sedekah Bumi yang diikuti oleh 45 kelompok perwakilan dari seluruh RT Se-Desa Waringinsari dengan membawa berbagai hasil bumi serta nasi tumpeng yang nantinya akan dimakan bersama-sama seluruh Warga.

Warga terlihat antusias mengikuti Kirab Sedekah Bumi terlihat dengan Penuhnya area Kantor Desa Waringinsari oleh warga untuk menyaksikan kegiatan tersebut.

Dalam sambutanya, Wakil Wali Kota mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya gelaran ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat memasuki tahun baru hijriah.

"Suran digelar secara rutin sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, sebagaimana firman Allah SWT, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Aku akan menambah (nikmat)-Ku kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”."Jelas Wakil Wali Kota.

Lebih lanjut Wakil Wali Kota menuturkan bahwa rangkaian kegiatan ini sarat dengan nilai luhur budaya serta toleransi. Rangkaian kegiatan ini, tambah Wakil Wali Kota, tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya dukungan dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat Desa Waringinsari.

"Semoga kegiatan ini semakin mempererat persaudaraan dan silaturahmi diantara Warga Masyarakat Desa Waringinsari dan menjadi motivasi bagi masyarakat lain dalam menumbuhkan semangat gotong-royong di tengah masyarakat. " Pungkas Wakil Wali Kota./TM