Peringatan Upacara Pengibaran Bendera HUT RI di Banjar Berlangsung Khidmat


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kota Banjar Tahun 2023 yang bertempat di Taman Kota Lapang Bhakti Kota Banjar, Kamis (17/08/2023).

Bertindak Selaku Komandan Upacara, Kapten Inf. Suharto (Danramil 1308/Cipaku). Teks Proklamasi dibacakan oleh Bapak Irwan Setiawan, S. H., M. H. (Kajari Kota Banjar), Teks Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H.,S.I.K.,M.M., (Kapolres Banjar) serta Naskah Proklamasi dibacakan oleh Drs. H. Dadang Ramdan Kalyubi, M. Si., (Ketua DPRD Kota Banjar).

Petugas Pengibar Bendera Pusaka Merupakan Anggota Pasukan Gabungan Personel TNI, Personel Polri serta Anggota Paskibra Kota Banjar. Komandan Pasukan Kehormatan Paskibraka Kota Banjar, Kapten Inf. Agus Kristiatmojo (Danramil 1314/Cimaragas), Petugas Pembawa Baki, Ayudia Ariyanti Raharjo (Siswi SMAN 1 Banjar), Pengapit Baki, Ines Ayu Puji Lestari (Siswi SMAN 3 Banjar), Penggerek Bendera, Vida Adrian Sunartana Putra (SMA Negeri 3 Banjar), Pembawa Bendera, Azzril Ramadhan (SMAN 1 Banjar), serta Pembentang Bendera, Bambang Mahendra (SMAN 3 Banjar).

Dalam amanatnya, Wali Kota mengatakan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, tiada lain adalah sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT serta mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan melawan penjajah di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai wahana dan momentum untuk mengintrospeksi diri, serta merenungi semua yang telah kita lakukan dimasa sebelumnya, sehingga kita menyadari, sejauh mana kita telah berbuat untuk sesama, untuk masyarakat dan untuk sang khalik yang telah memberi kita kehidupan. Mari kita renungkan sejenak atas pengabdian kita bagi kemajuan negara kesatuan republik indonesia tercinta, mencermati kembali lebih jauh problematik yang menjadi hambatan, gangguan dan sekaligus kita jadikan sebagai tantangan untuk membangun Kota Banjar kearah yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang, guna meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat."ujar Wali Kota.

Lebih lanjut Wali Kota menuturkan bahwa capaian prestasi kinerja pemerintah kota banjar dalam kurun waktu 2020 - 2022 telah menunjukan capaian yang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan raihan penghargaan yang telah dicapai oleh Pemerintah Kota Banjar, diantaranya Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-14 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat, Penghargaan Satyalancana Wira Karya, dari Presiden Republik Indonesia yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang pembangunan pertanian, Penghargaan sebagai Pemerintah Daerah dengan kinerja penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik terbaik kedua tahun 2022 kategori pagu kecil serta Pemerintah Daerah dengan kinerja penyaluran dana desa terbaik kedua tahun 2022 kategori Jumlah Desa A (s.d 250 Desa) dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat.

"Capaian Penghargaan yang diraih merupakan salahsatu bukti nyata Komitmen Pemerintah Kota Banjar dalam melaksanakan tugas Pokok dan fungsi Pemerintah daerah dalam upaya bersama untuk mensejahterakan masyarakat. Penghargaan ini juga menjadi Motivasi bagi Pemerintah Kota Banjar untuk terus malakukan inovasi serta berupaya utuk terus meningkatkan kompetensi ASN di Kota Banjar. "Jelas Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Juga mengatakan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 merupakan tahun terakhir di masa jabatanya bersama Wakil Wali Kota Banjar. Upaya pembangunan Kota Banjar, tambah Wali Kota, menuju masyarakat sejahtera sudah dan sedang dilaksanakan bersama, meskipun masih banyak kendala yang dihadapi, trend positif masih bisa kita raih yang ditunjukkan melalui beberapa peningkatan indikator makro dalam RPJMD./Tm