Bawaslu Kota Banjar Gelar Pelatihan Saksi Parpol Pemilu 2024


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Dalam rangka meningkatkan kemampuan saksi peserta pemilu tahun 2024, Bawaslu Kota Banjar menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Pelatihan Saksi Partai Politik Pemilu 2024 di Aula Rapat BackYard Caffe Kota Banjar, Selasa (26/12/2023).

Pelatihan segmen pertama ini diikuti 5 Partai Politik yaitu PDIP, Gerindra, Golkar, Gelora dan Nasdem. Masing-masing partai mengirimkan 20 orang saksi sebagai wakil dari partainya.

Menurut Ketua Bawaslu Kota Banjar Rudi Ilham Ginanjar, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan saksi peserta Pemilu, agar para saksi dapat mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai peraturan yang berlaku.

"Dalam materi yang disampaikan tentunya yang berkaitan dengan manajemen dan tugas-tugas saksi. Dari pelatihan ini dapat sama-sama bekerjasama melakukan pengawasan dari awal hingga akhir, tidak hanya saat pemilihan saja tapi hingga rekapitulasi suara selesai, " ucapnya.

Hal senada disampaikan Komisioner Bawaslu Kota Banjar Wahidan dalam penyampaian materinya menyampaikan, bahwa berdasarkan data pemilu 2019, 33 persen Pemilu Indonesia terpapar money politik.

"Bawaslu berupaya dengan meningkatkan saksi untuk pemilu 2024, yang harapannya dapat mengurangi potensi pelanggaran-pelanggaran pemilu 2024, " ujar Wahidan.

Sementara Komisioner Bawaslu Kota Banjar, Solehan, dalam penyampaian materinya mengatakan bahwa Bawaslu Kota Banjar sudah banyak melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada seluruh pihak agar potensi kerawanan pemilu dapat diminimalisir.

" Salah satu potensi kerawanan pemilu yang sering terjadi adalah netralitas ASN, money politik, dan penyebaran hoax, " ucap Solehan.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Pelatihan Saksi Partai Politik Pemilu 2024, selanjutnya untuk segmen kedua dilaksanakan bersama lima Partai Politik dan segmen ketiga bersama empat Partai Politik Pemilu 2024.tm