Geger Warga Desa Susukan Temukan Granat Nanas Di Kebun


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,-
Warga Dusun Manis RT 03/02 Desa Susukan di hebohkan dengan penemuan granat jenis nanas diduga masih aktif di kebun milik salah satu warga ketika sedang bekerja bakti bersih bersih lingkungan tepat nya di belakang Alfamart desa susukan Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan. Jumat (8/3/2024).

Pria paruh baya yang menemukan adalah Rasum (74) warga dusun manis desa susukan, saat bersih bersih bersama perangkat desa beserta warga Rasum menemukan granat jenis Nanas diduga masih aktif tepatnya di bawah pohon mangga Dekat sumur tua. Penemuan granat tersebut, sontak membuat heboh warga sekitar, terlihat pihak kepolisian dan TNI berjaga jaga di sekitar lokasi setelah menerima laporan.

Babinsa Desa Susukan Sertu Komarudin, mengaku mendapat laporan tersebut dari warganya yang menemukan Granat tersebut. Dikatakannya, saat itu Rasum tengah melakukan pembersihan kebun di lahan milik Ahmad Dejat Firdaus. Yang lokasi kebunnya ada di RT 03 RW 02 Desa Susukan. Dengan Kondisi granat sendiri saat ini sudah berkarat.

“Tergeletak dibawah pohon mangga Dekat sumur tua kena sabit (ditemukan dalam keadaan tergeletak, kena sabit ),” ujarnya kepada Journalgamas.com.

Kades Susukan Toto Ciptarasa saat di konfirmasi membenarkan terkait warganya menemukan Granat jenis Nanas tersebut, Toto mengatakan bahwa kami jajaran Pemdes sedang mengadakan giat bersih bersih lingkungan lalu mendapatkan laporan ada salah satu warga kami menemukan granat singkatnya.

Kapolsek Ciawigebang Iptu Ayi Sujana mengatakan, begitu mendapat informasi penemuan peledak, petugas langsung mendatangi lokasi. Begitu tiba, pihaknya langsung memasang garis polisi di lokasi penemuan.

"Kondisi granatnya memang sudah karat, tapi kami menduga masih aktif. Untuk sementara masih menunggu tim gegana Brimob Polda Jabar dari Mako Brimob untuk mengevakusi,” pungkas Iptu Ayi

Sementara Wakapolres Kuningan Kompol Deny Rahmanto . S.I.K yang sudah berjaga pihaknya mengatakan , kita sudah koordinasi dengan team geghana Polda Jabar dari Mako brimob. Deny mengatakan bahwa unit tersebut sedang dalam perjalanan, diharapkan akan melakukan penyisiran kembali apakah masih ada granat lain, mudah mudahan di pastikan tidak ada lagi. Ujar Wakapolres

Rencananya, granat tersebut akan di hancurkan di tempat yang sudah di tentukan, tentunya jauh dari pemukiman penduduk, ungkapnya./Iwan