BUMDes Mekar Jaya Desa Jagara Kembangkan Bidang Usaha Baru Melalui Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah Menjadi Pakan Ikan


KUNINGAN| JABARCENNA.COM,- Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mekar Jaya Desa Jagara Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan, terus berinovasi melebarkan sayap usaha baru yang turut melibatkan peran serta warganya. Setelah sebelumnya, Bumdes tersebut sukses mengelola UMKM dan Objek Wisata Waduk Darma yang berkolaborasi dengan PT Jaswita Perusahaan Daerah Milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kali ini BUMDes Mekar Jaya Desa Jagara akan mengembangkan bidang usaha baru yakni, Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah dalam Pembuatan Pakan Ikan (Pelet). Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Bumdes Mekar Jaya Desa Jagara Sofian kepada www.JabarCenna.com, Bertempat di Objek Wisata Waduk Darma, Senin (04/03/2024).


"Insya Allah, Bumdes Mekarjaya Jagara akan melakukan inovasi baru dalam mengelola dan memanfaatkan sampah, salah satu programnya yaitu pembuatan pakan ikan (pelet) yang terbuat dari campuran magot dan tanaman eceng gondok."Ungkap Sofian.

Lebih lanjut, Sofian menjelaskan di Objek Wisata Waduk Darma banyak terdapat pembudidaya ikan yang tergabung dalam Kelompok Jaring Apung (KJA), sehingga hal tersebut bisa dilakukan kerjasama dalam menyuplai pakan.

"Kebutuhan kita untuk menyuplai petani KJA di Waduk Darma sekitar 10 ton perhari, sehingga dengan adanya program pembuatan pakan ikan ini, kita bisa saling kerjasama dalam meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya Desa Jagara." Ucapnya.


Selain menyuplai bahan pakan ikan, Bumdes Mekarjaya Jagara pun bisa menjadi distributor untuk membantu komunitas budidaya ternak magot yang ada di Kabupaten Kuningan.

"Untuk mencukupi kebutuhan pembuatan pakan (pelet), kita membutuhkan sekitar 5 ton bibit magot perharinya, sehingga kita tidak bisa sendiri dalam menghasilkan bibit magot, dengan adanya program ini diharapkan Bumdes Mekar Jaya kedepan bisa menjadi Distributor penampungan bibit magot."

Sofian berharap Keberadaan BUMDes ini, harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Jagara. Dengan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki sehingga bisa menjadi solusi atau angin segar untuk kebangkitan ekonomi warga nya sesuai dengan visi misi Desa Jagara "Jagara BERSEKA Menuju SDGS 1 Tanpa Kemiskinan di Tahun 2027". (Angga)