Milangkala Desa Jagara ke-365 Tahun, Mengusung Tema Jagara BERSEKA Menuju SDGS 1 Tanpa Kemiskinan di Tahun 2027


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Pemerintah Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, menggelar kegiatan Sidang Paripurna Istimewa dalam Rangka Hari Jadi (Milangkala Desa) ke-365 Tahun yang bertempat di Halaman Kantor Balai Desa Jagara, Sabtu (02/03/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Kuningan yang diwakili oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kuningan Deniawan, Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdi, Kepala Dinas DPMD Kuningan beserta jajarannya, Forkopimcam Darma, Kepala Desa se Kecamatan Darma, Kepala Desa Jagara Beserta jajarannya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua BPD dan LPM beserta jajarannya, Karang Taruna Desa Jagara, masyarakat setempat serta tamu undangan.

Kepala Desa Jagara, Umar Hidayat menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan Sidang Paripurna Istimewa Desa tersebut merupakan agenda perdana yang baru dilaksanakan. Ia juga berharap semoga momentum kegiatan ini dapat diagendakan secara rutin setiap tahun.


“Pada kesempatan ini, saya berharap kepada Ketua BPD beserta Jajarannya dan Para Perangkat Desa Jagara supaya momentum ini dapat diagendakan secara rutin setiap tahun,” ungkap Umar.

Lebih lanjut Umar mengatakan, dengan mengusung tema "Jagara BERSEKA Menuju SDGS 1 Tanpa Kemiskinan Di Tahun 2027", Tujuan dilaksanakannya kegiatan sidang paripurna istimewa ini adalah untuk mengenang jasa-jasa para pendiri leluhur Desa Jagara yang terdahulu.

"Tujuannya ialah, supaya masyarakat kita, umumnya masyarakat Kuningan mengetahui tentang sejarah berdirinya Desa Jagara," kata Umar

Umar menambahkan rangkaian Kegiatan Milangkala Desa Jagara tersebut dilaksanakan selama 3 hari 3 malam mulai tanggal 01-03 Maret 2024. Rangkaian prosesi kegiatan dimulai sejak Jumat, 1 Maret 2024, dengan ziarah kubur ke makam para sesepuh desa diikuti oleh ritual hajat bumi. Keesokan harinya, Sabtu, 2 Maret 2024, diadakan sidang paripurna istimewa yang dipimpin oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jagara.

Usai sidang paripurna istimewa, dilanjutkan dengan pesta rakyat yang menghadirkan “ngobeng lauk,” di mana masyarakat diajak untuk menangkap ikan sepuasnya di kolam yang berlokasi di waduk Darma. Malam harinya, warga disuguhi panggung seni hiburan rakyat dengan pertunjukan seni tradisional jaipongan.


Minggu, 3 Maret 2024, acara dilanjutkan dengan khotmil quran santri Al-itsbat, tabligh akbar, dan pertunjukan The Custom. Sementara acara puncaknya akan berlangsung pada 8 Maret 2024, dengan diselenggarakannya “Safari Cinta” menyambut bulan Ramadan. Acara ini akan dimeriahkan oleh penampilan komedian ternama Indonesia, Sule dan Pohang, serta dihadiri oleh Politisi Gerindra, Dedi Mulyadi.

Umar Hidayat lantas mengajak warga desanya juga kepada masyarakat sekitar untuk dapat datang kembali menyaksikan acara menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H, dimana Pemdes Jagara akan menggelar acara “Safari Ramadan 2024”.

“Kepada seluruh masyarakat Jagara dan sekitarnya, jangan lupa nanti hari Jumat, 8 Maret 2024, datang lagi ke sini ada Safari Ramadan 2024. Yaitu acara menyambut bulan puasa atau munggahan, Insya Allah dimeriahkan oleh artis Sule dan Ohang. Bahkan, rencananya tokoh politik Partai Gerindra, mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi akan datang juga ke Jagara,” ajaknya.

Selain itu, dalam sidang paripurna tersebut dilakukan penyerahan santunan kepada sejumlah anak yatim-piatu dan fakir miskin sebagai bentuk kepedulian sosial dari pemerintah desa. (Angga)