Warga Binaan Lapas Banjar Antusias Ikut Pesantren Ramadhan 1445 H


BANJAR | JABARCENNA.COM,– Momentum bulan ramadhan menjadi gairah tersendiri bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas llB Banjar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat untuk mengikuti Pesantren Ramadhan 1445H/2024 M.

Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keimanan dan amaliah di bulan Ramadhan, yang dilaksanakan secara terpusat di Mesjid Baiturahman Al Munibin Lapas Banjar, Kamis (21/3).

Kegiatan pesantren ramadhan berpedoman pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-356.PK.08.05 Tahun 2024 tanggal 28 Februari 2024 tentang Peningkatan Kewaspadaan Selama Kegiatan Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H/2024.


Kasi Binadik Lapas Banjar, Sukma Gagah Irawan menjelaskan bahwa Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Banjar.

"Pesantren Ramadhan ini terlaksana atas kerja sama antara Lapas Kelas IIB Banjar dan Kemenag Kota Banjar, sebagai momentum meningkatkan kualitas ibadah warga binaan di bulan ramadhan," ujarnya.

Lebih lanjut Gagah mengatakan, pesantren ramadhan diikuti oleh seluruh warga binaan muslim dan akan berlangsung selama bulan ramadhan yang dibimbing langsung oleh tenaga pengajar yang merupakan penyuluh agama dari Kemenag Kota Banjar.

Sementara itu, ditempat terpisah Kepala Lapas Banjar, Amico Balalembang berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk warga binaan agar lebih meningkatkan kualitas ibadah sehingga di bulan ramadhan ini dapat menjadi motivasi perubahan kualitas hidup yang lebih baik dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT 

"Kami berharap agar warga binaan dapat mengikuti pesantren ramadhan ini dengan baik, karena ini merupakan kesempatan untuk dapat meningkatkan ibadah bulan suci Ramadhan serta untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik," tutupnya.tm