Isolasi Mandiri Meningkat, Oximeter Dan Tabung Oksigen Langka


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Kasus positif Covid 19 di Kota Banjar, Jawa Barat dalam dua pekan ini meningkat drastis. Bahkan ruang rawat pasien di dua rumah sakit rujukan yakni RSUD Banjar Dan RS Asih Husada, terlaporkan penuh. Dampaknya, banyak warga yang terkonfirmasi positif Covid 19 dengan gejala ringan, terpaksa isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Menurut yani ibnu mukmin, Seiring merangkak naik warga yang isolasi mandiri, permintaan alat kesehatan seperti *_Oximeter_* dan tabung oksigen meningkat tajam. Beberapa toko penjual alat kesehatan seperti toko Nusantara Medika di jalan Pegadaian mengaku sudah kehabisan stok Oximeter dan tabung oksigen sejak sepekan lalu. Pasokan dari Jakarta dan Bandung, juga sulit didapat, Sabtu 26/6-21.

"Terakhir saya mendapat kiriman sebanyak 8 buah tabung oksigen langsung terjual habis tapi hingga kini saya belum mendapat kiriman lagi," jelas penjual alat kesehatan, Yani Ibnu Mukmin.

Lantaran pasokan langka, harga alat kesehatan pun mulai merangkak naik. Untuk satu buah Oximeter yang biasa dijual Rp.100 ribu, kini bisa mencapai Rp.200 ribu. Sementara satu set tabung oksigen kini dijual kisaran Rp.1,5 juta dari sebelumnya Rp.1,1 juta.

Oximeter adalah alat pengukur kadar oksigen dalam darah. Alat ini biasa digunakan untuk mereka yang mengalami gejala sesak nafas./Tema