Wali Kota Kukuhkan IPSM Kota Banjar Yang Dirangkaikan Dengan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Bertempat di Sekretariat Forum Anak Kota Banjar, Wali Kota, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., mengukuhkan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kota Banjar Periode Tahun 2022-2027 yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kota Banjar tahun 2022, Kamis, 28 Juli 2022.

Sebanyak 25 Anggota IPSM Kota Banjar Periode Tahun 2022-2027 dikukuhkan oleh Wali Kota Banjar dengan Ketua Sodara Ayi Supendi.

Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) dibentuk sebagai wadah Perhimpunan PSM sebagai media Koordinasi, Konsultasi, pertukaran Informasi, pengalaman serta Pengembangan Kemampuan dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. IPSM mempunyai Tugas Utama melaksanakan penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial baik yang bersifat pembinaan dan pengembangan Kesejahteraan Sosial maupun pelayanan Kesejahteraan Sosial.


Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Banjar dilaksanakan Secara sederha, diawali dengan penampilan tari dari Anak-anak TK Bhayangkari.

Menurut wali Kota, Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Banjar menjadi momentum penting bagi semua fihak untuk menumbuhkan Generasi Bangsa yang mumpuni dimasa digitalisasi seperti saat ini. Selain itu, peringan HAN ini juga merupakan sebuah momentum bagi seluruh orang tua untuk memberikan Hak dan kewajiban terhadap anak.

"Ingat, ada 10 hak yang harus diberikan untuk anak kita berdasarkan Konvensi Hak Anak PBB Tahun 1989, yaitu Hak untuk Bermain, Hak untuk mendapatkan Pendidikan, Hak untuk mendapatkan Perlindungan, Hak untuk mendapatkan Nama (Identitas), Hak untuk mendapatkan Status Kebangsaan, Hak untuk mendapatkan Makanan, Hak untuk mendapatkan Akses Kesehatan, Hak untuk mendapatkan Rekreasi, Hak untuk mendapatkan Kesamaan serta Hak untuk memiliki Peran Dalam Pembangunan. "Jelas Wali Kota.

Wali Kota menambahkan, dalam menjaga dan mendidik anak, orang tua akan dihadapkan dengan tantangan besar sebab penjagaan anak dan pendidikan ada di tangan orang tua. Karakter anak akan terbentuk sejak usia dini maka sepatutnya orang tua selalu memperhatikan tumbuh kembang anak baik dari segi kesehatan fisik maupun mental anak serta memberikan tauladan yang baik kepada mereka.

"Saya mengingatkan kepada seluruh orang tua yang memiliki anak usia dibawah 5 tahun untuk mengikuti Imunisasi Anak secara lengkap. Hal ini sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh anak-anak kita. " Ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan launching buku Cerita Anak Sang Juara yang dilakukan dengan penyerahan buku dari Ketua Yayasan Ruang Baca Komunitas Kota Banjar Kepada Wali Kota Banjar./Tema