Kapolres Banjar Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kota Banjar


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Dirgahayu Republik Indonesia, Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, SH., S.I.K., M.M., bertindak selaku inspektur Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (17 Agustus 2022) tengah malam.

Apel kehormatan dan renungan suci tingkat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia tingkat Kota Banjar. Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan personel gabungan TNI-Polri dan Instansi Pemerintah Kota Banjar.

Selain itu tampak hadir sejumlah pejabat di lingkup Pemerintahan Kota Banjar. Sekitar pukul 23.50 WIB pada 16 Agustus 2022 rombongan pejabat tiba di lokasi TMP Kesuma Bangsa Kota Banjar.


Tampak terlihat Wakil Walikota Banjar H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., Ketua DPRD Kota Banjar Dadang R. Kalyubi, Kepala Kejaksaan Negeri Banjar Ade Setiana, SH., M.H., Pabung Dim 0613/Ciamis Mayor Czi Budi Arianto, Danramil 1313/Banjar Mayor Inf Junaedi, Komandan Subdenpom III/2-4 Banjar Kapten CPM Yasin dan para Kepala SKPD Kota Banjar.

Tidak hanya instansi pemerintah Kota Banjar, turut hadir puluhan anggota Pramuka Kota Banjar. Sekitar 35 anggota Pramuka Kota Banjar hadir untuk menyalakan lilin di pusaran Pahlawan Kota Banjar.

Acara dimulai dengan penghormatan kepada inspektur apel yakni Kapolres Banjar. Dilanjutkan dengan penghormatan kepada para pahlawan di TMP Kesuma Bangsa Kota Banjar.

Inspektur Apel Kehormatan dan Renungan Suci membacakan naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci dengan pencahayaan lilin. Dalam naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dibacakan Kapolres Banjar tepat pada pukul 00.00 WIB, yakni ada sebanyak 69 Pahlawan dari TNI, pahlawan dari Polri 3 dan Sipil 2.

"Jumlahnya 74 pahlawan," tuturnya.

Kapolres Banjar mendoakan juga pahlawan yang ada di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa. "Saya menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian kehormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa," kata Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres Banjar mengatakan, bahwa seluruh peserta yang hadir menyatakan sumpah dan janjinya untuk terus memperjuangkan jasa para pahlawan.

"Perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami juga, dan jalan kebaktian yang para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga," tutur Kapolres.

"Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya," tutup Kapolres.

Apel kehormatan dan renungan suci ini ditutup dengan peletakan karangan bunga di Tugu Monumen TMP Kesuma Bangsa Kota Banjar. Serta dilanjutkan dengan penghormatan kepada para pahlawan./Tema