Diduga Konsleting Listrik Rumah Milik Ibu Kanah Habis Dilalap Si jago Merah


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Satu rumah di Dusun Priagung Rt.11 Rw.04, Desa Binangun Kecamatan Pataruman habis dilahap si jago merah. Kebakaran ini terjadi diduga akibat konsleting listrik.

Diketahui rumah itu milik Ibu Kanah (68). Rumah berukuran 4x5 meter itu ditempatinya bersama seorang anaknya.

"Terjadi kebakaran di Dusun Priagung Desa Binangun sekitar pukul 12.05 WIB. Dugaan sementara akibat konsleting listrik informasi dari keluarga," kata Kepala BPBD Kota Banjar Kusnadi saat di lokasi kejadian, Senin (3/10/2022).

Kusnadi menuturkan, kebakaran yang terjadi berlangsung cukup cepat. Kurang dari 10 menit api menghabiskan seluruh bangunan yang terbuat dari kayu dan bedeng. Kondisi rumah tidak berdempetan dengan rumah lain sehingga tidak merembet ke rumah disekitarnya.


"Api melahap (rumah semi permanen) karena memang bangunannya kebanyakan dari kayu, jadi kurun waktu 10 menit sudah habis," tutur Kusnadi.

"Akses pemadaman sangat sulit, kita dari Banjar sampai lokasi rumah sudah terbakar dan rata dengan tanah," tambahnya kata Kusnadi.

Akibat kejadian tersebut, kata Kusnadi, tidak ada korban jiwa namun kerugian yang ditaksir sekitar Rp.50 juta. "Karena habis terbakar semua, taksiran sementara kerugian material sekitar Rp.40-Rp.50 juta," katanya.

Kusnadi menambahkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi maupun lembaga terkait untuk membantu korban kebakaran. "Saat ini sedang didiskusikan mau ditempat singgah atau anaknya. Kalau ke tempat anaknya maka kami dari instansi terkait mungkin akan membantu untuk sembako dan bahan-bahan lainnya," katanya./Tema