LBS Desa Raharja maju dalam ajang Nasional

JabarCeNNa.com, Kota Banjar- Desa Raharja, terpilih menjadi wakil Kota Banjar dan Provinsi Jawa Barat dalam Lomba Kesrak KBKes tingkat nasional. Sebelum Desa Raharja laksanakan Persiapan Lomba Kesrak PKK kB kesehatan Tingkat nasional. 

Wakil Walikota Banjar Nana Suryana yang menghadiri rapat persiapan penilaian Kesrak PKK KB Kesehatan tingkat Nasional yang digelar di aula Desa Raharja beberapa waktu lalu mengatakan, dirinya sangat bangga atas prestasi yang di raih Desa Raharja. Desa Raharja telah menjadi wakil Kota Banjar ke tingkat Nasional lomba Kesrak PKK KB Kesehatan.

Sementara itu, Kepala Desa Raharja Kecamatan Puraharja Yayat Ruhyat menjelaskan, pertama yang akan dilakaanakan dengan membangun koordinasi antar Kader PKK, Rt, Rw, Kadus dan lebaga-lambaga lain dalam kaitan lomba Kesrak KBkes Tingkat Nasional.

"pertama saya akan membangun koordinasi antar liding teknis di Desa Raharja", Ungkapnya saat di hubungi Kemaren. 

Menurut Yayat, yang menjadi penilaian adalah dalam Kesrak KBkes adalah LBS (Lingkungan Bersih dan Sehat), maka dari itu, Yayat berharap desa Raharja sendiri saat menjadi wakil dalam Lomba Kesrak KBkes tingkat nasional bisa menjadi motivasi yang lainya bukan hanya berorientasi kepada predikat peraihan lomba saja.

"urientasi saya bukan kepada predikat saja, namun lebih ke implementasi penerapan hidup sehat di masyatakat",Imbuhnya

Menurut Yayat, Desa Raharja terpilih menjadi wakil Kota Banjar dan Jawa Barat ada beberapa tahapan yangbtelah dilalui. Salah satu indikatornya adalah masyakakat Desa Raharja sudah menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Lebih lanjut Yayat mengatakan, dirinya ingin lebih menggali potensi kesadaran dimasyarakat, untuk selalu menjaga lingkungan bersih dan sehat. 

"dalam menumbuhkan kesadaran di masyarakat, setiap jumat masyarakat Desa Raharja melaksanakan jumsih. 

Jumsih sendiri bertujuan untuk menata lingkungan yang ada yang masih kumuh untuk di perbaiki lagi", Imbuhnya

Selain itu, tambah Yayat, kader PKK Desa Raharja sendiri sangat aktif dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. 

Lomba Kesrak KBkes di ikuti oleh seluruh provinsi se-indonesia, jawa barat sendiri di wakili oleh desa Rahaja kecamatan Purwaharja Kota Banjar. Desa raharja sendiri akan mengikuti ajang tersebut dengan kategori Lingkungan Bersih dan sehat.

.Ao